Fans Setan Merah Membanggakan

Jum'at, 02 Januari 2015 - 09:52 WIB
Fans Setan Merah Membanggakan
Fans Setan Merah Membanggakan
A A A
AWALNYA sempat menghadirkan harapan, lalu seiring hasil pertandingan Manchester United (MU) yang kurang memuaskan, Louis van Gaal mulai mendapatkan cemoohan dan kritik pedas dari media-media Inggris.

Kini , nakhoda berkebangsaan Belanda itu kembali mendapatkan sambutan positif publik Old Trafford seiring penampilan yang baik. Perlahan dan pasti, pendukung Setan Merahmulai bisa optimistis melihat masa depan tim di bawah arahan Van Gaal. Berikut petikan wawancara Van Gaal tentang antusiasme pendukung melihat perkembangan terkini MU, dilansir dari berbagai sumber.

Seberapa penting peranan pendukung MU di mata Anda?

Saya harus berterima kasih kepada fanskarena berkat mereka MU mampu tampil bagus. Di sepak bola, keberadaan pendukung yang fanatik adalah nilai plus bagi sebuah klub.

Apakah Anda terkejut dengan respons fansMU yang selalu hadir dan memberikan sambutan positif di Old Trafford, apa pun hasil pertandingannya?

Saya tidak pernah mendapatkan pengalaman tentang fansyang selalu memberikan sambutan meriah, tidak peduli tim Anda menang atau imbang. Fanstetap memberi kami tepuk tangan meriah seolah mereka percaya kepada Anda. Ini (di MU) pengalaman pertama saya.

Bisakah Anda membandingkan situasinya dengan klub-klub besar lain yang pernah Anda latih pada masa lalu?

Di Barcelona, mereka (fans) akan memberi Anda sapu tangan putih (tanda kekecewaan). Di Bayern (Muenchen), sinyalnya berupa tiupan peluit. Sementara di Ajax (Amsterdam), mereka akan meneriaki Anda (dengan kata-kata yang tidak pantas). Namun, di sini (MU), fansmemberi Anda tepuk tangan tanpa henti. Ada yang berdiri. Sulit dipercaya.

Menurut Anda, apa yang ada di benak suporter sehingga melakukan hal-hal seperti itu?

Saya tidak tahu. Yang jelas, dukungan fans selalu penting bagi pemain saat senang atau susah. Fansharus bisa merasakan kesusahan yang dialami tim. Mereka tidak boleh hanya berharap kesenangan terus.

Dan, semangat itulah yang Anda lihat di fans MU?

Tentu saja. Mereka selalu percaya kepada pemain dan pelatih. Menurut saya, salah satu alasan mengapa mereka sangat militan adalah semangat bertarung. Tim saya memiliki fighting spirit yang tidak akan menyerah hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan wasit.

Menurut Anda, dukungan fansitu berperan besar terhadap penampilan MU akhir-akhir ini?

Kami tidak selalu memenangkan pertandingan. Namun, suporter mendukung hingga akhir. Karena itu, kami tidak boleh memandang remeh peranan fans. Poin yang saat ini kami dapat tidak bisa dilepaskan dari peran pendukung.

Artinya, Anda percaya dengan dukungan fans, MU akan bisa mencapai hasil yang membanggakan pada masa depan?

Saya percaya para pemain bisa mengambil penilaian sendiri dari militansi fans. Tentu saja mereka tidak ingin mengecewakan para pendukung yang tidak kenal lelah mendukung mereka.

Andri ananto
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4508 seconds (0.1#10.140)