Jangan Terlalu Hormat!

Minggu, 04 Januari 2015 - 13:45 WIB
Jangan Terlalu Hormat!
Jangan Terlalu Hormat!
A A A
VALENCIA - Valencia akan menggelar karpet merah untuk Real Madrid sebelum partai di Mestalla pada hari ini. Namun, penghargaan tuan rumah hanya sebatas itu.

Ketika peluit ditiup, El Che berambisi mengakhiri laju impresif tim tamu. Meski fans tidak setuju, Valencia berencana melangsungkan guard of honor. Gestur ini merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap keberhasilan Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub 2014.

Valencia pernah melakukan hal serupa bagi Los Blancos pada 2011. Bertemu tiga hari selepas kesuksesan Madrid menjuarai Copa del Rey, para pemain Valencia berbaris menyambut Cristiano Ronaldo dkk masuk lapangan. Walau demikian, Entrenador Valencia Nuno Espirito Santo berharap aksi penghormatan ini tidak berlanjut ke pertandingan.

Dia ingin para pemain tidak silau karena sinar bintang Madrid dan bertarung meladeni permainan mereka. Sebab, El Che punya bekal demi mewujudkan misi. Hanya Barcelona yang mampu berjaya di Mestalla musim ini. Rapor bagus di kandang itu membantu Valencia terlibat persaingan Liga Champions. Hingga jornada16, Valencia bertengger di peringkat 4.

Selain itu, Valencia turut didukung modal statistik sebagai tim yang paling banyak meraih kemenangan atas Madrid (42) di Primera Liga. ”Tentu Madrid bisa dikalahkan. Mereka diberkahi banyak pemain hebat. Tapi laga tetap 11 lawan 11. Saya siap melakoni debut di duel nanti. Tidak masalah siapa yang membuat gol asalkan kami meraih poin maksimal,” kata muka baru Valencia Enzo Perez, dikutip Marca.

Sayang semua data tersebut tidak berlaku di lapangan. Bagaimanapun, Madrid memiliki level berbeda ketimbang tim lain. Walau baru ditumbangkan AC Milan pada uji coba, pasukan Carlo Ancelotti selalu meraih hasil positif di 22 partai terakhir. Valencia juga gagal menumbangkan Madrid pada 10 duel teranyar. Pada kurun tersebut, mereka lima kali takluk secara beruntun di Mestalla, dua di antaranya lewat skor telak 0-5 dan 3-6.

Beruntung El Chesedikit tertolong kalender. Fokus Valencia dan Madrid sama-sama terganggu legpertama babak 16 besar Copa del Rey pada pertengahan pekan. Namun, Madrid mendapat lawan lebih berat, yakni juara Spanyol sekaligus rival sekota Atletico Madrid, sedangkan Valencia “cuma” bersua Espanyol.

Keadaan demikian membuat Los Blancosberpeluang menerapkan rotasi. Ancelotti tidak bakal menurunkan pemain yang kondisinya diragukan demi fokus menghadapi Atletico. Karena itu, Marcelo dan Sergio Ramos kemungkinan disimpan.

“Kami menjalani banyak kompetisi. Ambisi kami besar. Kami mencoba memenangi semuanya. Saya yakin kami mampu melakukannya. Kami punya skuad kompetitif,” sebut Ancelotti. Namun, Santo memiliki masalah sendiri dalam upaya mencuri angka dari Madrid. Dia harus menentukan apakah menurunkan Alvaro Negredo dan Paco Alcacer secara bersamaan.

Santo mengandalkan Alcacer ketika Negredo terkapar pada sepertiga awal kompetisi. Alcacer membayar kepercayaan itu dengan menyumbang empat gol. Namun, produktivitasnya menurun saat Santo mulai mengakomodasi Negredo ke tim utama.

Santo baru sekali memainkan mereka sebagai duet, yakni pada laga teranyar kontra Eibar. Di situ Alcacer akhirnya menuntaskan puasa gol. Dia menciptakan gol kelimanya pada Primera Liga musim ini dan mempersembahkan kemenangan untuk Valencia.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)