Krisis Pemain Belakang

Selasa, 06 Januari 2015 - 12:17 WIB
Krisis Pemain Belakang
Krisis Pemain Belakang
A A A
SOMERSET - Tim medis Manchester United (MU) tidak pernah kekurangan pasien. Setan Merah, julukan MU, kini harus merelakan Luke Shaw dan Rafael karena cedera. Keduanya menjadi tumbal waktu MU mengalahkan Yeovil Town 2-0 pada putaran ketiga Piala FA.

Partai yang bergulir di Huish Park Stadium, dini hari kemarin, itu harusnya berakhir suka cita bagi fans MU. Pasalnya, Angel di Maria sudah kembali merumput.

Playmaker asal Argentina itu sempat absen hampir dua bulan akibat cedera hamstring. Mantan pemain Real Madrid itu bahkan langsung mencetak gol, meski baru turun pada menit ke-60 menggantikan Radamel Falcao. Gol Di Maria hasil assist Wayne Rooney menjelang bubaran melengkapi kontribusi Ander Herrera (64). Alhasil, MU terhindar dari deja vu .

Musim lalu, saat diasuh David Moyes, mereka terhenti pada fase awal karena dikalahkan Swansea City 1-2. Itu berarti Rooney dkk masih punya peluang meraih gelar musim ini. Bila melihat ke lapangan, peluang MU merebut supremasi hanya di ajang Piala FA. Mereka tidak ikut Liga Champions dan sudah tersingkir dari Piala Liga (Capital One Cup).

Di Liga Primer, pasukan Louis van Gaal tertinggal sembilan angka dari Chelsea dan Manchester City (Man City). Sialnya, kemenangan itu harus dibayar dengan cederanya Shaw dan Rafael. Shaw kabarnya mengalami masalah engkel dan Rafael dicurigai menderita patah tulang pipi. Kedua bek tersebut ditarik keluar pada menit ke-46 secara bersamaan.

“Rafael kemungkinan menderita retak pada tulang pipi. Jadi, kondisinya tidak terlalu bagus, sedangkan Shaw bermasalah dengan engkel. Saya terpaksa mengganti mereka, tapi saya tidak punya bek lagi. Karena itu, saya harus mengubah skema,” ujar Van Gaal, dilansir Skysport. Belum ada keterangan dari tim medis berapa lama waktu bagi Shaw dan Rafael untuk pulih. Yang pasti, ini menambah masalah MU karena stok lini belakang semakin tipis.

Maklum, sebelumnya Daley Blind, Marcos Rojo, dan Tom Thorpe sudah masuk ruang perawatan. Begitu juga gelandang bertahan macam Antonio Valencia dan Ashley Young. Jika Shaw dan Rafael minimal harus istirahat sepekan, MU berpotensi kehilangan lima bek sekaligus. Ini bisa memicu krisis pertahanan.

Masalah itu bakal menyulitkan karena selanjutnya MU akan menjamu Southampton, tim yang sempat menahan Chelsea 1-1 dan menaklukkan Arsenal 2-0. “Kami bisa sedikit tenang karena Angel di Maria sudah kembali bertanding. Daley Blind dan Marcos Rojo juga mulai beraktivitas lagi. Setidaknya kami punya cukup pemain di sektor kiri. Yang jelas, saya harus menyelesaikan masalah setiap pekan,” tutur Van Gaal.

Situasi berbeda dirasakan Chelsea. The Blues, julukan Chelsea, bisa melumat Watford 3-0 di Stamford Bridge tanpa kendala apa pun. Pelatih Jose Mourinho bahkan leluasa mengubah taktik. Dia memasukkan Diego Costa (Oscar) dan Willian (Andre Schuerrle) setelah jeda. Rotasi itu terbukti ampuh. Chelsea bisa memborong tiga gol sekaligus lewat Willian (58), Loic Remy (70) dan Kurt Zouma (72).

“Kami menciptakan peluang dan layak menang,” ucap Mourinho. Sukses ini menyudahi masa sulit Chelsea serta mengembalikan motivasi pemain. John Terry dkk sempat melewati dua partai Liga Primer tanpa kemenangan.

M mirza
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5937 seconds (0.1#10.140)