Tongsis Haram di Emirates Stadium dan White Hart Lane

Jum'at, 09 Januari 2015 - 11:07 WIB
Tongsis Haram di Emirates...
Tongsis Haram di Emirates Stadium dan White Hart Lane
A A A
Pendukung Arsenal dan Tottenham Hotspur yang memiliki kegemaran melakukan foto selfie mendapatkan kabar buruk. Pasalnya, dua klub Liga Primer yang berseteru karena sama-sama berbasis di London Utara itu kompak melarang “tongkat narsis” (tongsis) masuk Emirates Stadium dan White Hart Lane.

Faktor keamanan menjadi alasan utama kebijakan baru itu. Pelarangan diambil setelah manajemen dikejutkan gambar di televisi tentang selebrasi pendukung Spurssambil membawa tongsis. Saat merayakan gol, suporter terlihat mengayun-ayunkan tongsis yang membuat penonton lain di sekitarnya sangat berisiko cedera.

Pelarangan juga diambil karena manajemen Tottenham dan Arsenal mendapatkan keluhan dari penonton yang terganggu dengan kehadiran tongsis. ”Dengan berat hati, kami mengumumkan tongsis dilarang di Emirates Stadium pada hari pertandingan. Regulasi pertandingan melarang adanya benda-benda yang bisa digunakan sebagai senjata atau yang dapat mengancam keamanan publik,” demikian pernyataan resmi The Gunners,dilansir Daily Mail.

Larangan berlaku di semua pertandingan resmi maupun uji coba yang digelar di stadion kadang Arsenal dan Tottenham. Suporter nantinya diminta meninggalkan tongsis di rumah masing-masing atau menitipkannya di tempat penitipan yang ada di area stadion. Di gerbang masuk, tongsis kini menjadi barang terlarang. Bila ketahuan, petugas keamanan tidak akan sungkansungkan menyita benda yang sedang menjadi tren tersebut.

”Setelah menganalisis, tongsis kini sudah dilarang masuk ke White Hart Lane. Semua steward(petugas keamanan) akan diberikan arahan untuk tidak mengizinkan penonton masuk membawa tongsis. Keamanan semua orang di stadion menjadi perhatian serius kami,” bunyi pernyataan kubu Tottenham, dikutip mirror.co.uk.

Tentang pelarangan tongsis di Emirates Stadium dan White Hart Lane, belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan FA dan pengelola Liga Primer. Namun, peluang pelarangan tongsis di semua pertandingan Liga Primer terbentang luas di depan mata. Pasalnya, berdasarkan regulasi di Inggris, tongsis bisa dikategorikan benda berbahaya layaknya tongkat untuk mengikat bendera.

Meski terbuka kemungkinan pelarangan, hingga kini belum pernah ditemui kasus kekerasan yang melibatkan pendukung yang membawa tongsis. Yang selama ini ada hanyalah aksi para pendukung yang berfoto selfie bersama rekan di tribune atau mencoba mencuri-curi kesempatan berfoto dengan para pemain yang sedang melakukan pemanasan di pinggir lapangan.

ANDRI ANANTO
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0858 seconds (0.1#10.140)