Gairah Ibu Kota

Minggu, 11 Januari 2015 - 12:57 WIB
Gairah Ibu Kota
Gairah Ibu Kota
A A A
ROMA - Sepak bola di ibu kota Italia sedang bergairah. Penyebabnya, prestasi AS Roma dan Lazio di Seri A musim ini sangat membanggakan. Saat Derby della Capitale digelar malam ini, Roma dan Lazio datang ke Stadio Olimpico dengan rentetan catatan bagus di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Italia itu.

Sang Serigalatidak terkalahkan pada tujuh pertandingan terkini, termasuk kemenangan 1-0 atas Udinese, Selasa (6/1). Si Elangpun selalu mendapat poin pada lima laga terakhir, termasuk mengalahkan Sampdoria 3-0, midweeklalu. Roma semakin percaya diri menatap laga kontra Lazio karena kemenangan akan berujung posisi puncak klasemen, meski mungkin hanya bertahan beberapa jam, tergantung hasil Juventus kontra Napoli setelah Derby della Capitale.

Tak heran, Douglas Maicon mengaku Roma sekarang sedang berada dalam kepercayaan diri tinggi dan jauh lebih kuat dibanding musim lalu. ”Kami telah membawa lebih banyak kualitas ke dalam skuad ini. Musim ini kami terus berkembang. Cara kami bermain juga terus meningkat. Namun, motivasi dan keinginan menang tetap sama.

Kami harus bekerja keras untuk Roma,” kata Maicon, dilansir Football Italia. Bek sayap asal Brasil itu bahkan berani mengklaim Roma sedikit lebih baik dari Juventus. ”Mereka (Juventus) tidak mengalami banyak perbedaan. Mereka sedang mengalami musim yang mirip seperti kami musim lalu. Saya pikir mereka telah kehilangan poin yang tidak mereka alami musim lalu. Itu menjadi faktor penting yang menguntungkan kami,” ujar mantan pemain Inter Milan itu.

Meski terus mewaspadai Juventus, Maicon mengatakan Roma hanya berkonsentrasi pada pertandinganpertandingan yang akan segera dijalani. Pemain berusia 33 tahun itu menegaskan tekad Roma meraih kemenangan atas Lazio. Karena itu, secara khusus, dia meminta dukungan tifosi. Menurut dia, kehadiran suporter membuat semangat tempur Roma makin berlipat.

”Kami sedang bekerja keras untuk mempersiapkan pertandingan besar (Derby della Capitale). Laga ini sangat penting bagi kami. Tifosiharus mengisi penuh stadion untuk membantu kami. Ketika mereka berada di belakang kami, kami akan berusaha memberikan sesuatu yang lebih. Kami akan pergi ke lapangan dan memberikan yang terbaik. Kami berharap tifosimelakukan hal yang sama,” papar Maicon.

Melawan Lazio, Roma tidak akan diperkuat Gervinho dan Seydou Keita yang akan tampil di Piala Afrika 2015. Namun, Rudi Garcia tidak perlu cemas. Dia kemungkinan akan menurunkan komposisi pemain yang sama seperti saat mengalahkan Udinese. Juan Iturbe dan Adem Ljajic menjadi andalan di lini depan dengan dukungan Francesco Totti, Daniele de Rossi, serta Miralem Pjanic.

Radja Nainggolan, Kevin Strootman, Alessandro Florenzi, dan Mattia Destro juga bisa tampil. Meski bertindak sebagai tuan rumah, Roma tetap wajib mewaspadai Lazio. Pelatih Stefano Pioli mengatakan Lazio siap mengalahkan Roma. Dia telah meminta pasukan perangnya untuk mengerahkan seluruh kemampuan demi mendapatkan tiga poin. Pasalnya, kemenangan bakal melicinkan jalan Lazio bertahan di zona kualifikasi Liga Champions.

”Tentu saja akan ada persaingan besar antara Lazio dengan Roma. Tim telah bekerja dengan baik saat melawan Sampdoria. Sekarang kami harus mempersiapkan diri untuk Derby della Capitale dengan tenang dan keyakinan yang benar,” pungkas Pioli.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5829 seconds (0.1#10.140)