(Pasti) Milik Ronaldo

Senin, 12 Januari 2015 - 10:02 WIB
(Pasti) Milik Ronaldo
(Pasti) Milik Ronaldo
A A A
ZURICH - Cristiano Ronaldo memastikan hadir pada acara FIFA Ballon d'or 2014 di Kongresshaus, hari ini. Bintang Real Madrid itu datang karena mendapat bocoran akan memenangkan penghargaan tersebut.

AS melaporkan, Ronaldo sudah diberi tahu akan kesuksesannya mempertahankan mahkota Ballon d'Or dan mengajak orang-orang terdekat untuk merayakan bersama. Dia dijadwalkan terbang ke Swiss bersama sang kekasih Irina Shayk, agen Jorge Mendes, keluarga, serta perwakilan Los Blancosmenggunakan jet pribadi.

Ini tidak seperti peristiwa beberapa tahun sebelumnya. Ronaldo memutuskan tidak datang ke penganugerahan edisi 2011 setelah sadar bakal kalah dari Lionel Messi. Jose Mourinho, pelatih Madrid ketika itu, juga absen lantaran trofi pasti disematkan kepada Pep Guardiola. Firasat keduanya terbukti tepat. Ronaldo masih bersaing dengan Messi pada persaingan kali ini.

Keduanya bergantian menduduki peringkat 1-2 dalam tiga edisi sebelumnya. Namun, pengganjal terbesar Ronaldo pada 2014 bukanlah rival abadinya tersebut, melainkan kandidat ketiga Manuel Neuer. Banyak yang menilai Neuer lebih pantas menjadi pemain terbaik berkat performanya membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil ditambah kesuksesan membantu Bayern Muenchen memenangkan Bundesliga dan DFB Pokal 2013/2014.

Catatan tersebut dianggap melampaui kontribusi Ronaldo yang membawa Madrid merebut Liga Champions 2013/2014, Copa del Rey 2013/2014, Piala Super Eropa 2014, dan Piala Dunia Antarklub 2014. Perlawanan Neuer cukup sengit walau sejarah tidak memihak. Satusatunya kiper yang pernah membawa pulang Ballon d'Or adalah Lev Yashin pada 1963.

Namun, Neuer terbantu propaganda FIFA dan UEFA. Sejak 23 kandidat pemain terbaik 2014 diumumkan pada 24 Oktober tahun lalu, kedua organisasi tersebut aktif mengampanyekan kehebatan Neuer. Tujuannya agar para pemilih memberikan suara kepadanya. UEFA dan FIFA ditengarai ingin mendobrak hegemoni Ronaldo-Messi karena keduanya mulai membosankan.

Telegraph memaparkan bukti yang menunjukkan maksud UEFA dan FIFA. Presiden UEFA Michel Platini terang-terangan bicara kepada media terhadap dukungannya bagi Neuer. Sementara FIFA menerbitkan pernyataan berbagai bintang, mulai Franz Beckenbauer, Diego Maradona, Andrei Shevchenko, Ottmar Hitzfeld, atau Alessandro del Piero yang menilai Neuer lebih pantas merebut Ballon d'Or dalam artikel di situs resminya.

Neuer paling pas. Messi dan Ronaldo berlibur di Brasil. Sementara Neuer menghalau tembakan dan mengintimidasi lawan dengan kegesitannya, kata Maradona, dikutip Guardian. Meski begitu, aksi persuasi UEFA dan FIFA disinyalir tidak berhasil. Neuer pun sadar akan posisinya.

Dia menilai namanya tidak gemerlap seperti Ronaldo dan Messi sehingga pemilih cenderung mengedepankan dua megabintang itu. Ronaldo dan Messi terkenal di seluruh penjuru dunia. Jelas, mereka mendapat keuntungan. Saya bukan favorit, kata Neuer, dilansir Suddeutsche Zeitung.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7406 seconds (0.1#10.140)