Liga Inggris Paling Boros

Kamis, 15 Januari 2015 - 10:39 WIB
Liga Inggris Paling Boros
Liga Inggris Paling Boros
A A A
ZURICH - FIFA mengumumkan Liga Primer Inggris paling banyak mengeluarkan uang dalam hal belanja pemain tahun lalu. Pengumuman itu masuk akal karena mereka tercatat mengeluarkan dana besar mencapai 930,22 juta pounds.

Menurut Mark Goddard, Direktur Pengaturan Transfer Pemain FIFA, Liga Inggris sangat boros dalam mengeluarkan uang. Mereka bahkan mengalami defisit paling besar ketimbang lima liga top Eropa lain macam Primera Liga (Spanyol), Seri A (Italia), Bundesliga (Jerman), Ligue 1 (Prancis), hingga Primeira Liga (Portugal). Inggris tercatat mengalami -495,05 juta pounds apabila dijumlah dengan penjualan pemain tahun lalu, di mana mereka hanya mendapatkan 495,58 juta pounds.

Jumlah itu berbanding terbalik dengan Primera Liga yang masih mendapatkan total keuntungan mencapai 12,22 juta pounds dari penjualan pemain. Padahal, Spanyol berada di urutan kedua dalam urusan belanja pemain mencapai 463,52 juta pounds tahun lalu. Sementara Seri A berada di urutan ketiga setelah menggelontorkan dana mencapai 312,96 juta pounds.

Disusul Bundesliga dengan jumlah 271,70 juta pounds, Ligue 1 mencapai 126,81 juta pounds, serta Primeira Liga menyentuh 97,19 juta pounds. Goddard memaparkan, total perputaran uang dari hasil penjualan pemain di Benua Biru mencapai 2,7 miliar pounds tahun lalu. Kondisi itu membuat pihaknya bekerja ekstrakeras melakukan pengecekan, termasuk melakukan pembatasan belanja pemain.

Peraturan itu telah diterapkan, di mana tim besar Inggris, seperti Manchester City (Man City) dan Chelsea menjalani aturan financial fair play yang diberlakukan UEFA. ”Kami tentunya mengharapkan terjadi pemerataan dalam hal belanja pemain, meski keinginan itu mungkin sulit diwujudkan,” ujar Goddard, dikutip Reuters.

Edi yuli
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6726 seconds (0.1#10.140)