Adrian Pahlawan

Kamis, 15 Januari 2015 - 10:40 WIB
Adrian Pahlawan
Adrian Pahlawan
A A A
LONDON - Biasanya kiper menjadi pahlawan dengan mementahkan penalti lawan. Namun, Adrian San Miguel del Castillo meraih status tersebut berkat kemampuannya mengeksekusi tendangan 12 pas.

Penjaga gawang asal Spanyol itu menjadi penentu kemenangan West Ham United atas Everton pada replay babak ketiga Piala FA dini hari kemarin. Kemenangan tersebut membuat West Ham melaju ke babak keempat Piala FA. Kevin Nolan dkk akan berhadapan dengan tim League One Bristol City pada 24 atau 25 Januari ini.

Tampil di hadapan pendukungnya di Upton Park, West Ham mampu memimpin lewat Enner Valencia pada menit ke-51. The Hammersbahkan mendapatkan keuntungan lantaran Everton harus kehilangan Aiden McGeady yang terkena kartu merah (’56). Namun, Everton justru mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat gol Kevin Mirallas (’82) dan Romelu Lukaku (’97).

Namun, West Ham kembali mengimbangi dengan gol Charlton Cole (’113). Laga pun harus dilanjutkan ke adu penalti. Saat itu rupanya menjadi panggung Adrian untuk menunjukkan kualitasnya. Dalam adu penalti maraton dan kedudukan 8-8, dia menunaikan tugasnya sebagai algojo penentu. Keberhasilan mencetak gol ke gawang Joel Robles dirayakan Adrian dengan begitu emosional.

Penjaga gawang kelahiran Sevilla itu mengungkapkan ketenangan menjadi salah satu kunci keberhasilannya mencetak gol, kendati mengaku belum pernah mengeksekusi penalti sebelumnya. ”Saya pikir ini adalah momen terbaik saya bersama West Ham. Saya merasa sangat bahagia karena kami tetap bertahan di Piala FA. Rekanrekan setim bekerja keras sepanjang pertandingan.

Ini adalah permainan yang gila. Mereka (Everton) mampu mencetak dua gol meski bermain dengan 10 orang pemain. Kami terus berjuang karena mereka juga mengeksekusi penalti dengan baik,” kata Adrian dilansir situs resmi klub. Adrian secara khusus mendedikasikan gol kemenangan yang dicetaknya kepada fans The Hammers. Menurut dia, suporter telah memberikan dukungan luar biasa sehingga West Ham makin bersemangat dalam bertanding.

”Saya pernah merayakan penyelamatan yang saya lakukan, tetapi saya tidak pernah mencetak gol. Ini adalah gol pertama dalam karier saya. Ini adalah hari yang menakjubkan bagi saya, rekan setim, dan terutama fans. Mereka memiliki hubungan khusus dengan saya. Saya memilih merayakan gol yang saya cetak bersama mereka,” paparnya.

Keberhasilan West Ham mengalahkan Everton juga membuat Pelatih Sam Allardyce semringah. Namun, dia tetap memberikan apresiasi kepada Everton yang dinilainya bermain sangat baik. ”Luar biasa. Ini adalah sesuatu yang telah lama tidak saya lihat. Sepanjang pertandingan kedua tim memainkan sepak bola atraktif. Kedua tim saling menyerang dan mencoba untuk meraih kemenangan. Ini adalah pertandingan fantastis,” paparnya.

Sementara itu, Pelatih Everton Roberto Martinez menyesalkan ketidakberuntungan The Toffeesdalam babak adu penalti. Meski menganggap wasit Neil Swarbrick merugikan timnya, dia menilai kartu merah yang diterima McGeady memang layak. ”Dalam sepak bola, terkadang, Anda merasa akan mendapatkan sesuatu yang pantas Anda dapatkan. Tapi pada hari ini, kami kurang beruntung pada adu penalti. Para pemain telah menunjukkan karakter luar biasa dan memberikan perlawanan,” pungkas Martinez, dilansir Liverpool Echo.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)