Kokang Senjata

Minggu, 18 Januari 2015 - 10:06 WIB
Kokang Senjata
Kokang Senjata
A A A
LA CORUNA - Untuk memastikan tiga poin, Barcelona akan kembali kokang senjata dengan menurunkan komposisi skuad terbaik saat sowan ke Estadio Municipal de Riazor, markas Deportivo La Coruna, pada lanjutan Primera Liga dini hari nanti.

Rotasi pemain memang menjadi bagian dari gaya Entrenador Barcelona Luis Enrique dalam menangani timnya sejak tiba di Camp Nou, Mei tahun lalu. Sempat menuai berbagai kritik karena dianggap bereksperimen, Enrique tetap konsisten dengan keputusannya. Pelatih berusia 44 tahun tersebut tetap melakukan rotasi pemain, terutama ketika Barca tengah menghadapi jadwal pertandingan yang padat, seperti saat melakoni laga legkedua babak 16 besar kontra Elche, Jumat (16/1).

Bermodalkan kemenangan 5-0 di leg pertama, Enrique mengistirahatkan sejumlah pemain bintang, terutama Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, dan Gerard Pique. Hasilnya pun tidak mengecewakan, Barca tetap menunjukkan keperkasaannya dengan mengalahkan Elche 4-0, meski sebagian besar menurunkan pemainpemain muda.

Menurut Enrique, kedalaman skuad sangat penting terhadap kiprah mereka musim ini. Klub asal Katalan itu berlaga di tiga kompetisi sekaligus, yakni Primera Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Namun, hal itu tidak membuat Enrique khawatir. Dengan kedalaman skuad yang dimilikinya, dia optimistis Barca mampu meraih hasil maksimal di setiap pertandingan, termasuk saat menghadapi Deportivo.

“Kami adalah tim yang memiliki skuad cukup besar. Saya percaya semua pemain berada dalam kondisi sempurna untuk menghadapi jadwal pertandingan yang ada di depan kami,” kata Enrique, dilansir Soccerway. Karena itu, Enrique akan menurunkan komposisi tim terbaik. Trio SMN (Suarez, Messi, dan Neymar) kembali menjadi andalan di lini depan.

Begitu juga Pique yang diplot memperkuat lini pertahanan. Enrique juga mendapatkan kabar gembira mengenai sang kapten Xavi Hernandez yang telah kembali berlatih, Jumat (16/1). Pada tiga pertandingan terakhir, gelandang veteran itu harus absen lantaran cedera betis. Kendati belum dipastikan tampil atau tidak, kehadiran mantan pemain tim nasional Spanyol itu jelas membuat lini tengah Barca semakin kuat.

Barca harus meraih kemenangan atas Deportivo guna menjaga persaingan dengan Madrid dalam perburuan gelar Primera Liga. Dari 18 laga, Barca mengepak 41 poin, tertinggal satu angka dari Madrid yang baru melakoni 17 pertandingan. Sementara di peringkat 3, Atletico terus menguntit dengan nilai 38. Sevilla dan Valencia berada di peringkat 4 dan 5 dengan 36 poin dan 35 poin.

Namun, mereka harus waspada karena tim berjuluk Brancoazuistersebut bukanlah lawan yang mudah. Pada pertemuan terakhir di Estadio Municipal de Riazor, 21 Oktober 2012, Barca harus kerja keras untuk meraih kemenangan 5-4. Sementara itu di kubu lawan, Deportivo bertekad memberikan kesulitan bagi Barca. Hal itu diungkapkan pilar Deportivo Juan Dominguez.

Walau mengakui kualitas Blaugrana, Dominguez menegaskan timnya akan berusaha memberikan perlawanan maksimal. Tiga poin atas Barca jelas bakal membuat Deportivo semakin percaya diri untuk mengarungi sisa musim ini. Maklum, setelah promosi dari Segunda Division, musim lalu, skuad asuhan Victor Fernandez tersebut memasang target realistis, yakni bertahan di Primera Liga.

Saat ini, Deportivo masih mogok di peringkat 16 dengan 17 poin, selisih satu angka dari Levante yang berada di zona degradasi. “Kami akan berusaha memberikan yang terbaik melawan Barca. Kami tahu itu akan sulit. Namun, bukan berarti mereka tidak terkalahkan. Anda bisa meraih hasil imbang atau menang. Saya pikir kami dapat memenangkan pertandingan. Anda harus bermain dengan intensitas yang besar,” tandasnya.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7432 seconds (0.1#10.140)