Pengusaha China Beli Saham Atletico

Rabu, 21 Januari 2015 - 11:04 WIB
Pengusaha China Beli...
Pengusaha China Beli Saham Atletico
A A A
MADRID - Investor Asia semakin gencar menginvasi sepak bola Eropa. Giliran Atletico Madrid yang menjadi sasaran.

Wang Jianlin dilaporkan membeli 20% saham juara Spanyol tersebut. ASmemberitakan, Presiden Atletico Enrique Cerezo terbang ke Beijing dan menemani Chief Executive Miguel Angel Gil, yang sudah berada di sana, untuk bernegosiasi dengan Wang. Harga transaksi berada di kisaran 40–45 juta euro.

Begitu diresmikan, Wang nanti diperkirakan mengisi posisi Cerezo, yang menjabat presiden sejak 2002. Wang, pemilik Dalian Wanda Group, memiliki kekayaan pribadi sebesar USD13,2 miliar. Reuters menyatakan, Wang memiliki rencana ambisius bagi Los Colchoneros. Dia berencana membangun stadion baru berkapasitas 70.000 tempat duduk dalam beberapa tahun ke depan serta mendirikan pusat latihan baru.

Suntikan modal Wang bakal sangat berharga bagi Atletico yang terkena krisis finansial pada beberapa tahun terakhir. Mereka tidak mungkin bersaing dengan Barcelona atau Real Madrid di bursa transfer. Namun, kesuksesan menduduki takhta Negeri Matador musim lalu ditambah raihan gelar ajang lain meningkatkan nilai jual mereka. Pebisnis Asia belakangan mulai melirik anggota Primera Liga.

Anggota keluarga kerajaan Qatar membeli Malaga pada 2010. Beberapa bulan lalu, miliarder Singapura Peter Lim menguasai saham mayoritas Valencia.

Harley Ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)