Madrid Sodorkan Berkas ke FIFA

Rabu, 28 Januari 2015 - 11:47 WIB
Madrid Sodorkan Berkas ke FIFA
Madrid Sodorkan Berkas ke FIFA
A A A
MADRID - Real Madrid mengajukan berkas ke FIFA untuk memaparkan posisi pemain muda yang dipertanyakan. Los Blancos berharap penjelasan tersebut membuat mereka tidak bernasib sama seperti Barcelona.

Madrid terancam tidak boleh membeli pemain setelah dicurigai melakukan transfer internasional ilegal pemain di bawah usia 18 tahun. Fokus tertuju kepada dua bocah asal Venezuela, Manuel Godoy dan Fernando Macias. Total yang dipermasalahkan FIFA mencapai 51 pemain.

Los Blancos sudah memaparkan posisi setiap individu, di antaranya berupa 10 pemain berkebangsaan Spanyol. Sementara 23 pemain yang berasal dari luar negeri mereka daftarkan ke klub Negeri Matador. ”Kami sadar penyelidikan FIFA dan siap bekerja sama. Kami pasti menyediakan dokumen yang mereka minta. Kami tidak khawatir lantaran menjalani setiap prosedur,” kata Direktur Madrid Emilio Butragueno, dikutip Marca.

Namun, FIFA mencurigai Madrid mengambil untuk mengakali hukum. Los Blancos ditengarai menitipkan pemain muda di berbagai klub feeder. Mereka kemudian merekrut kembali seusai pemain yang bersangkutan memenuhi persyaratan hukum. ASmelaporkan, terdapat 22 klub berstatus feeder Los Blancos terletak di daerah Metropolitan Kota Madrid.

AS tidak menutup kemungkinan keberadaan feederMadrid lainnya di luar negeri. Media Spanyol tersebut turut mengungkapkan berkas kesepakatan Madrid dengan para feeder. Di sana ditentukan pemain yang dititipkan harus selalu siap dipanggil jika Madrid membutuhkan. Klub feeder juga wajib memastikan pemain itu harus didaftarkan atas nama Madrid.

FIFA tahun lalu menjatuhkan sanksi tidak boleh membeli pemain hingga 2016 kepada Barcelona karena merekrut banyak pemain berusia di bawah 18 tahun pada periode 2009–2013. Klub Katalan itu mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga, tapi keberatan mereka ditolak. FIFA mengizinkan klub melakukan transfer internasional bagi pemain belia (di bawah usia 18 tahun) asalkan memenuhi tiga syarat.

Pertama, orang tua sang pemain pindah ke negara tempat klub baru bukan karena alasan yang berkaitan dengan sepak bola. Kedua, transfer dilakukan di teritorial Uni Eropa dengan pemain yang dibeli berusia minimal 16 tahun. Ketiga, pemain tinggal dalam jarak tidak lebih dari 50 kilometer dari batas negara. Selain itu, klub barunya (yang berasal dari federasi sepak bola yang berbeda) juga berjarak 50 kilometer dari batas negara tersebut.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9186 seconds (0.1#10.140)
pixels