Liga Primer Paling boros

Kamis, 29 Januari 2015 - 11:49 WIB
Liga Primer Paling boros
Liga Primer Paling boros
A A A
LONDON - Sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia, Liga Primer Inggris memang memiliki daya tarik tersendiri. Kepopuleran Liga Primer bahkan makin menjadi dengan kegemaran mereka menggelontorkan banyak uang memboyong pemain-pemain berkualitas.

Berdasarkan laporan yang dirilis FIFA Global Transfer Market barubaru ini terungkap bahwa Liga Primer menjadi kompetisi paling boros. Mereka mendominasi bursa transfer internasional dengan menghabiskan dana senilai USD4,06 miliar (2,64 miliar pounds) pada 2014. Tercatat lebih dari 770 juta pounds dihabiskan klub-klub Liga Primer untuk memboyong pemain dari luar negeri.

Nominal angka itu termasuk aktivitas Manchester United (MU) merekrut Angel di Maria dari Real Madrid senilai 59,7 juta pounds, yang sekaligus memecahkan rekor transfer termahal Inggris. Jumlah itu lebih besar 308 juta pounds (67%) dari kompetisi elite Spanyol Primera Liga yang menempati peringkat kedua.

Akan tetapi, nama besar Primera Liga sedikit tercoreng karena menjadi pasar terbesar, khususnya untuk penandatanganan pemain di bawah 18 tahun dari luar negeri. Setelah Barcelona yang menerima sanksi tidak boleh melakukan aktivitas transfer hingga 2016 lantaran mendatangkan 10 pemain di bawah usai 18 tahun pada 2013, FIFA kini juga tengah melakukan investigasi terhadap Real Madrid atas dugaan pelanggaran yang sama.

“Pada 2014 Spanyol adalah negara yang paling banyak merekrut pemain di bawah umur. Dari 400 pemain, 352 di antaranya diterima. Itu merupakan jumlah tertinggi dibandingkan kompetisi lain di dunia,” demikian pernyataan FIFA Global Transfer Market, dilansir ESPN.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0274 seconds (0.1#10.140)