Liga Primer Tetap Terboros

Rabu, 04 Februari 2015 - 12:24 WIB
Liga Primer Tetap Terboros
Liga Primer Tetap Terboros
A A A
LONDON - Jendela transfer musim dingin kompetisi besar Eropa resmi ditutup. Klub Inggris tidak seroyal biasanya.

Meski begitu, klub Liga Primer tetap mencatatkan diri sebagai kompetisi paling boros. Tercatat total biaya yang dikeluarkan klub-klub Liga Primer pada Januari ini sekitar 138 juta pounds. Angka tersebut jauh lebih sedikit bila dibandingkan pada 2011. Ketika itu Liga Primer menghabiskan 225 juta pounds. Kesepakatan terbesar pada bursa transfer Januari kali ini dipegang Manchester City, yang membeli Wilfried Bony dari Swansea City senilai 25 juta pounds.

Sementara Chelsea paling aktif pada hari terakhir beraktivitas, Senin (2/2). Klub London Barat itu resmi mendatangkan Juan Cuadrado dari Fiorentina senilai 23,3 juta pounds. Sebagai bagian dari kesepakatan Cuadrado, The Bluesturut meminjamkan Mohamed Salah. Kendati menjadi tim yang paling boros, The Bluesjuga menerima pemasukan dengan melego Andre Schuerrle ke VfL Wolfsburg (22 juta pounds) dan Ryan Bertrand ke Southampton (10 juta pounds).

Perwakilan Deloitte Dan Jones memprediksi klub-klub Liga Primer bisa saja melakukan transfer yang lebih besar pada bursa transfer musim panas mendatang. Jones mengacu pada catatan belanja musim panas lalu senilai 835 juta pounds dari total 760 juta pounds yang dihabiskan secara keseluruhan. Total, aktivitas belanja musim panas 2014/2015 senilai 965 juta pounds.

“Mengingat kecenderungan rekor transfer terjadi pada musim panas, tentu tidak terlalu mengejutkan jika kami tidak melihat rekor baru pada Januari. Namun, dengan semua rekor pendapatan klub-klub Liga Primer, kami bisa mengharapkan satu atau dua kesepakatan besar,” kata Jones, dilansir BBC.

Para analis Deloitte juga mengungkapkan beberapa temuan lain yang terjadi pada bursa transfer musim dingin ini. Pembelian pemain baru dari luar Inggris turut menyumbangkan 65 juta pounds (50%) dari pengeluaran transfer kotor klubklub Liga Primer.

Klub-klub Liga Primer menghabiskan sekitar 45 juta pounds dari transfer pemain pada hari terakhir penutupan bursa transfer musim dingin. Manchester City (Man City), Chelsea, dan Arsenal menjadi klub yang paling boros. Mereka mendominasi sekitar 50% dari total belanja Liga Primer.

Bila dibandingkan dengan kompetisi Eropa lain, aktivitas transfer klub-klub Liga Primer juga lebih besar. Seri A misalnya, mereka hanya menghabiskan 66 juta pounds, disusul Bundesliga (55 juta pounds), Primera Liga (48 juta pounds), serta Ligue 1 (28,2 juta pounds).

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5049 seconds (0.1#10.140)