Harus Solid

Selasa, 10 Februari 2015 - 10:25 WIB
Harus Solid
Harus Solid
A A A
LIVERPOOL - Menghadapi ancaman Tottenham Hotspur yang sedang on fire, Liverpool harus tampil solid agar tak menuai malu di depan publik sendiri pada lanjutan Liga Primer, dini hari nanti.

Tottenham datang ke Anfield dengan percaya diri tinggi selepas melibas Arsenal 2-1 pada derby London Utara, Sabtu (7/2). Striker Harry Kane jadi bintang saat itu dengan memborong semua gol Spurs . Tentu, nama Kane bisa bikin gemetar para palang pintu lawan. Namun, tidak bagi defender Liverpool Martin Skrtel.

Dia mengingatkan rekan-rekannya jangan terlalu fokus pada satu dua pemain tertentu untuk bisa meraih hasil maksimal. Menurutnya, berbahaya jika konsentrasi mereka hanya ditujukan kepada Kane seorang. “Dia (Kane) sedang dalam permainan yang hebat, dengan mencetak banyak gol. Kami harus mengawasinya, tapi bukan hanya fokus kepadanya. Tottenham bermain baik sebagai sebuah tim,” ucap Skrtel kepada ESPN.

Belakangan, Liverpool mulai menemukan performa terbaik, setelah hanya mengalami dua kekalahan dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan, di Liga Primer, dalam delapan laga terkini, The Reds tak terkalahkan dengan mengepak lima kemenangan. Kedua tim sama-sama memburu satu jatah Liga Champions musim depan. Posisi tim tamu lebih baik, berada di peringkat 5 dengan nilai 43, selisih satu angka dari Manchester United yang ada di posisi 4 besar.

Sementara Liverpool sedang berusaha naik dari peringkat 7 dengan nilai 39. Sabtu lalu, Liverpool bermain 0-0 pada derby Merseyside kontra Everton di Goodison Park. Itu menjadi laga keempat beruntun di Liga Primer gawang kiper Simon Mignolet tak kebobolan. Skrtel menilai perkembangan performa timnya tak lepas dari semakin solidnya lini pertahanan.

“Kami mengubah sistem pertahanan dengan menggunakan tiga defender dan itu berhasil. Kami bertahan jauh lebih baik. Saya berharap kami bisa terus mempertahankan performa itu di masa depan,” papar palang pintu asal Slovakia tersebut. Sayang, pada laga ini kekuatan Liverpool terancam berkurang. Trio Lucas Leiva, Philippe Coutinho, dan winger Raheem Sterling terjerat masalah medis setelah menghadapi Everton, Sabtu lalu.

Leiva dipastikan absen karena cedera otot. Sementara kondisi Coutinho (lutut) dan Sterling (kaki) diragukan bisa tampil pada laga nanti. Merespons kondisi ini, Pelatih Liverpool Brendan Rodgers tetap berusaha tenang dan mempersiapkan solusinya. “Kami punya pemain segar lainnya di bangku cadangan untuk dimainkan. Tapi, kami berharap mereka (Coutinho dan Sterling) bisa fit Selasa ini,” ujarnya.

Rodgers sedikit bisa bernapas lega setelah gelandang bernilai 25 juta pounds Adam Lallana kembali bugar setelah absen pada derby lalu. Rodgers juga masih punya Daniel Sturridge. Di pihak lain, Kane kembali jadi tumpuan. Musim ini, nama pemuda 21 tahun itu menjulang setelah mengoleksi 12 gol dari 20 penampilan di Liga Primer. Dia terpacu menjaga ketajamannya agar bisa diundang Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson.

Kiper Tottenham Hugo Lloris mengakui daya gedor Kane mampu mengatrol percaya diri tim. Namun, dia menyebut penampilan gemilang timnya bukan kontribusi satu-dua orang semata. “Kami bekerja keras sejak awal musim dan kini kami merasa berkembang secara individual dan kolektif. Itu sangat penting. Masih banyak pertandingan sampai akhir musim yang harus kami lewati. Kami harus fokus dan tenang,” tutur penjaga gawang awal Prancis itu.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)