Mei, Neraka Derby Tim Jatim

Sabtu, 14 Februari 2015 - 17:13 WIB
Mei, Neraka Derby Tim Jatim
Mei, Neraka Derby Tim Jatim
A A A
MALANG - Mei 2015 menjadi arena perang saudara bagi empat wakil tim Jawa Timur (Jatim) di Indonesia Super League (ISL) 2015. Dari jadwal yang sudah dirilis PT Liga Indonesia, derby tim Jatim dimulai pekan pertama hingga pertengahan bulan dengan lima pertemuan dari empat kontestan asal Jatim, yakni Arema Cronus, Persebaya Surabaya, Persegres Gresik United, dan Persela Lamongan.

Bentrok sesama tim Jatim dimulai laga Persebaya Surabaya menjamu Persegres Gresik United pada 3 Mei di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Setelah Persegres, giliran Persela Lamongan yang menyatroni Persebaya pada 6 Mei.

Dilanjut empat hari berikutnya atau 10 Mei, bakal terjadi derby terbesar di Jawa Timur, yakni mempertemukan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang. Ini akan menjadi derby paling seru dan bergengsi pada putaran pertama ISL 2015.

Pada hari yang sama, juga tersaji pertempuran dua tim bertetangga yaitu Persela Lamongan menyambut Persegres Gresik United di Stadion Surajaya. Ini akan menjadi kesempatan langka karena dua derby di Jawa Timur digelar pada hari yang sama.

Derby lainnya di bulan Mei adalah pertemuan Persegres Gresik United dan Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan pada 16 Mei. Satu-satunya derby yang tidak digelar pada Mei adalah Arema Cronus kontra Persela Lamongan pada 9 Juli atau akhir putaran pertama.

Sejauh ini tidak ada keluhan yang dilontarkan tim terkait jadwal resmi ISL. Termasuk Persegres Gresik United yang bakal melakoni empat laga away berturut-turut pada akhir April hingga awal Mei. Persegres melawat ke markas PSM Makassar dan Persiba Balikpapan pada 12 dan 16 April.

Setelah itu, kembali away pada 3 Mei menghadapi Persebaya Surabaya dan dilanjut lawan Persela Lamongan 10 Mei. Pelatih Persegres Liestiadi mengakui pada medio tersebut timnya akan menjalani episode berat karena empat kali away, walau jadwalnya tidak mepet.

"Saya lihat tim lain maksimal away tiga kali berturut-turut. Tapi Persegres empat kali dalam bulan April dan Mei. Tentu ini pekerjaan yang sulit bagi tim. Mungkin juga ini akan menjadi fase tersulit sepanjang putaran pertama," jelas Liestiadi.

Setelah 'away maut' tersebut, Persegres sebenarnya mendapat ganti dengan tiga home sekaligus. Tapi itu belum bisa dikatakan sebuah keuntungan karena tiga laga home itu menghadapi Arema Cronus, Persib Bandung dan Sriwijaya FC. Jalan yang sangat terjal bagi Laskar Joko Samudro.

Ini, Jadwal Derby Jawa Timur

03 Mei 2015: Persebaya Surabaya vs Persegres GU
06 Mei 2015: Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan
10 Mei 2015: Arema Cronus vs Persebaya Surabaya
16 Mei 2015: Persegres GU vs Arema Cronus
10 Mei 2015: Persela Lamongan vs Persegres GU
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6869 seconds (0.1#10.140)