Melewati Maradona

Minggu, 15 Februari 2015 - 09:25 WIB
Melewati Maradona
Melewati Maradona
A A A
BARCELONA - Peningkatan signifikan pada musim kedua membawa Neymar pada posisi baik di Barcelona. Striker asal Brasil itu akan menyalip Diego Maradona pada daftar top skor sepanjang masa klub jika merobek gawang Levante di Camp Nou hari ini.

Neymar sudah menyamai Maradona yang mengoleksi 38 gol bersama El Azulgrana. Kesuksesan mencatatkan nama di papan skor laga versus Levante nantinya sekaligus membantunya melampaui rapor keseluruhan Maradona. Sebab, ikon asal Argentina itu menciptakan 38 gol pada dua musim penuh, sedangkan periode kedua Neymar di Barcelona belum berakhir. Semua mungkin berkat perbaikan permainan.

Neymar cuma membukukan 15 gol pada kampanye debutnya di Negeri Matador. Namun, dia kini telah 23 kali menaklukkan kiper lawan. ”Neymar berada di jalur tepat untuk menjadi sosok penting di klub. Kami semua tidak sabar menantinya mencapai level itu,” ungkap EntrenadorBarcelona Luis Enrique, dikutip Goal. Sayang, kebijakan rotasi Enrique mengancam niat Neymar melewati Maradona secepatnya.

Media Spanyol mengungkapkan rencana Enrique menggeser lima pemain yang beraksi pada Copa del Rey kontra Villarreal, Rabu (11/2). Neymar bisa jadi korban karena Pedro Rodriguez atau Munir El Haddadi menanti giliran. Neymar pasti menyesalkan taktik Enrique. Sebab, dia sebenarnya berkesempatan melampaui Maradona beberapa hari lalu. Sayang, Neymar gagal mengeksekusi penalti meski sudah mengantongi izin dari algojo utama, Lionel Messi.

Terlepas itu, Neymar dipastikan bakal menyalip Maradona pada musim ini. Dia pun mengincar target lain yakni menjadi top skor kedua Barcelona terbaik pada beberapa tahun belakangan. Kehormatan itu masih tercatat atas nama Samuel Eto’o yang melakukannya pada 2008/2009 lewat angka 36 gol. Status pemain tersubur Barcelona sendiri selalu dipegang Messi sejak enam musim terakhir.

”Standar yang diciptakan Messi begitu tinggi. Saat ini dia nomor satu. Namun, kita lihat apakah Neymar mampu mencapainya di masa depan. Yang jelas, Neymar pemain istimewa,” ujar Enrique. Asal selalu fit, Neymar memiliki 16 laga Primera Liga, 1 partai Copa del Rey, serta 2 duel Liga Champions untuk mencetak 14 gol dan menggeser Eto’o. Kesempatannya akan bertambah jika El Azulgranamasuk final Copa del Rey dan melenggang mulus di Liga Champions.

”Sekarang adalah periode terbaik saya di Barcelona. Saya bahagia karenanya. Saya merasa berkembang seiring waktu. Namun, saya merasa bisa berkontribusi lebih,” tutur Neymar. Barcelona membutuhkan tambahan tiga poin demi menjaga peluang menduduki takhta Negeri Matador. Sebab, pimpinan klasemen Real Madrid berpotensi mengalahkan Deportivo La Coruna dini hari tadi.

El Azulgrana saat ini tertinggal satu angka di belakang Los Blancos. Kesempatan Messi dkk menumbangkan Levante sangat terbuka. Performa mereka sejak ditumbangkan Real Sociedad pada partai pertama di 2015 sangat impresif. Mereka membukukan 10 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi. Catatan itu merupakan performa terbaik klub Katalan itu sejak 2008/2009.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5754 seconds (0.1#10.140)