Hamsik Cedera

Senin, 16 Februari 2015 - 09:18 WIB
Hamsik Cedera
Hamsik Cedera
A A A
PALERMO - Napoli tidak hanya mengalami kekalahan saat dini hari kemarin menyambangi Stadio Renzo Barbera, markas Palermo, melainkan juga harus melihat Marek Hamsik masuk ruang perawatan cedera.

Napoli baru saja menjalani laga tandang yang buruk. Tim asuhan Rafael Benitez dihajar 1-3 pada laga lanjutan Seri A. Itu kekalahan pertama Napoli dari tim asuhan Giuseppe Iachini tersebut dalam enam pertemuan terkini atau sejak 9 Januari 2012. Rekor enam kemenangan beruntun Napoli di seluruh kompetisi juga ikut hancur. Tim tamu semakin menderita karena Hamsik menjadi tumbal.

Gelandang serang asal Slovakia itu tidak bisa tampil penuh akibat cedera paha kanan. Petaka itu terjadi pada menit ke-54 yang membuat sang kapten digantikan Manolo Gabbiadini. Sampai saat ini masih belum diketahui seberapa parah keadaannya. Cederanya Hamsik memunculkan masalah di kamar ganti. Dia baru saja pulih dari gangguan kesehatan dan sekarang berurusan lagi dengan tim medis.

Celakanya, tengah pekan nanti Napoli akan menjalani laga penting di Liga Europa. Mereka akan tampil padaleg pertama babak 32 besar kontra Trabzonspor (Turki) di Huseyin Avni Aker Stadyumu. Bila menilik kadar cedera, Hamsik kemungkinan perlu istirahat minimal satu pekan. Artinya, pemain berusia 27 tahun itu kemungkinan besar tidak akan ikut menemani rekan-rekannya ke Turki.

Ini bisa menghambat misi Napoli dalam mencari modal untuk lolos ke fase selanjutnya. Sekiranya Hamsik absen, bisa diartikan berkurangnya kekuatan Napoli. Ini tidak berlebihan jika menganalisis kontribusinya. Hamsik merupakan jenderal lapangan, pengatur permainan, dan pengumpan bola yang andal. Terbukti, dia sudah mencatat sembilan assist dan enam gol di semua kompetisi musim ini.

Peran Hamsik semakin terlihat menonjol di Liga Europa karena telah menghasilkan dua gol dan dua assist dari lima laga. Dia ikut membantu menumbangkan Slovan Bratislava 3-0, yang membuat Napoli lolos ke fase knock-out . “Saya optimistis (dengan kesehatan Hamsik). Dia punya tubuh yang kuat dan mampu mengatasi berbagai masalah. Saya pikir, secara umum tidak akan ada masalah yang terlalu serius. Saya tidak berpikir cederanya separah yang diperkirakan,” ucap Benitez, dilansir Football Italia .

Napoli mengaku akan secepatnya melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada Hamsik. Tujuannya agar bisa diketahui seberapa parah cederanya dan sekaligus menentukan apakah dia punya peluang tampil melawan Trabzonspor. Jadi, Benitez tetap harus mengantisipasi kemungkinan terburuk. Sebab, tim medis terlihat tidak terlalu berharap.

Itu bisa diartikan kalau cedera Hamsik tergolong parah dan butuh waktu lama untuk pulih. Terkaparnya Hamsik memperpanjang daftar pasien I Partenopei . Napoli sebelumnya sudah kehilangan bek asal Kolombia Juan Zuniga akibat cedera lutut.

Lalu, dua penyerang, Lorenzo Insigne (cedera achilles tendon ) dan Michu (cedera engkel). Kabar baiknya, anggota lini tengah cukup lengkap. Setidaknya Benitez punya sejumlah alternatif pengganti Hamsik.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6052 seconds (0.1#10.140)