Kasus Doping Rusia Tampar Dunia Olah Raga

Selasa, 17 Februari 2015 - 11:08 WIB
Kasus Doping Rusia Tampar Dunia Olah Raga
Kasus Doping Rusia Tampar Dunia Olah Raga
A A A
MOSCOW - Kepala Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF), Lamine Diack mengakui wajah atletik dunia sedang suram pasca terbongkarnya kasus penggunaan doping oleh sebagian besar atlet Rusia. Tidak hanya atletik, Diack juga menyebut masalah doping membuat dunia olah raga berduka.

Dalam laporan BBC, Lamine Diack, ayah Massata Diack yang juga menjabat sebagai konsultan pemasaran untuk badan olah raga, mengatakan masalah doping merupakan krisis yang sulit tapi kami akan memasukkannya di belakang kami dengan membersihkan olah raga semua ini

Meski mengakui permasalahan doping telah meluas menjadi kolusi pejabat bidang olah raga di Rusia, Lamine tetap saja menolak Rusia disebut sebagai sarang kolusi doping. “Saya tidak bisa menerima bahwa seseorang datang dan berkata di Rusia itu 99% kecurangan. Itu tidak benar," katanya.

Untuk diketahui, pada Desember tahun lalu, tayangan dokumenter televisi Jerman mencuatkan kasus dugaan penggunaan doping di Rusia. Dalam tayangan itu, digambarkan kejahatan sistemik di mana para atlet membayarkan sejumlah uang kepada pejabat olah raga Rusia untuk memasok obat perangsang stamina dan meloloskan tes penggunaan doping dalam event olah raga.

Bahkan setelah tayangan itu beredar luas, sejumlah politisi lokal memutuskan mundur dari jabatannya, termasuk Massata yang mundur dari konsultan pemasaran untuk badan olahraga. Massata mundur bersama Valentin Balakhnichev yang merupakan Bendahara IAAF.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7660 seconds (0.1#10.140)