Pahlawan Tak Terduga

Kamis, 19 Februari 2015 - 09:51 WIB
Pahlawan Tak Terduga
Pahlawan Tak Terduga
A A A
PARIS - Branislav Ivanovic mempertegas posisinya sebagai anggota reguler tim utama Chelsea. Selain solid di belakang, sosok asal Serbia itu kerap menyumbang gol penting.

Ivanovic kembali memberi kontribusi penting dengan mencetak gol The Blues pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint- Germain (PSG). Sumbangsihnya di Parc des Princes dini hari kemarin akan terasa berharga saat Chelsea balik menjamu pasukan Laurent Blanc di Stamford Bridge, 11 Maret mendatang.

Ini bukan pertama kali Ivanovic memainkan peran penting. Akhir bulan lalu, dia menciptakan gol tunggal kemenangan atas Liverpool pada semifinal Piala Liga. Ivanovic juga menentukan kesuksesan Chelsea membungkam Aston Villa 2-1 pada persaingan Liga Primer, Sabtu (7/2). “Ivanovic tipe pemain yang bersinar di momen penting. Laga tadi merupakan salah satunya,” kata Pelatih Chelsea Jose Mourinho, dikutip Evening Standard.

Selain Ivanovic, Thibaut Courtois juga patut mendapat kredit. Dia gagal mementahkan tandukan Edinson Cavani yang membantu PSG menyamakan kedudukan. Meski begitu, Courtois secara keseluruhan tampil tangguh di bawah mistar dan memblok lima peluang tuan rumah.

Mourinho tidak tanggung-tanggung menyanjung kepahlawanan Courtois. Dia menyebut kiper asal Belgia itu sebagai alasan mengapa Chelsea tidak takluk. Blanc dan Bek PSG David Luiz melontarkan pandangan serupa. “Chelsea memiliki salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Yang menakjubkan adalah kegesitan Courtois walau posturnya tinggi,” ujar Blanc.

Hasil 1-1 membuat Chelsea diunggulkan melangkah ke perempat final. Namun, Mourinho membantah anggapan tersebut. Melihat komposisi skuad lawan, dia menilai Les Parisiens punya kesempatan sama besar untuk masuk 8 besar. “Keuntungan kami minim. Berbeda jika kami menang 3-0 atau 4-0. Kami juga beruntung bisa membawa pulang skor imbang berkat Courtois. Semua kini ditentukan di Stamford Bridge,” tutur Mourinho.

Berbeda dengan Mourinho, kapten Chelsea John Terry percaya timnya berpotensi melenggang mulus berkat kontribusi Ivanovic. Sebab, tugas The Blues tidak terlalu berat. Hasil 0-0 sudah membawa mereka menembus perempat final. Di lain pihak, Blanc menempatkan Chelsea sebagai favorit karena bermain di kandang sendiri pada partai penentuan.

Namun, dia merasa Thiago Silva dkk sudah bermain maksimal di Parc des Princes. Blanc bahkan menganggap pasukannya bermain lebih baik ketimbang pertandingan di tempat sama musim lalu. Padahal ketika itu PSG berjaya 3-1.

Harley Ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9001 seconds (0.1#10.140)