Kekuatan Penuh

Jum'at, 20 Februari 2015 - 09:49 WIB
Kekuatan Penuh
Kekuatan Penuh
A A A
STUTTGART - Juergen Klopp tidak memedulikan masalah nonteknis yang melanda Borussia Dortmund. Dia ingin memusatkan perhatian dan mempersiapkan pasukannya agar dapat mengalahkan Stuttgart.

Sejumlah persoalan memang tengah menyelimuti Dortmund, di antaranya serangan flu yang menimpa sejumlah pemain. Erik Durm, Mats Hummels, Jakub Blaszczykowski, serta Ciro Immobile dikabarkan harus mendapat perawatan. Mereka kemungkinan besar tidak bisa ikut menghadapi Stuttgart di Mercedes Benz Arena, dini hari ini.

Kendala lainnya adalah rongrongan Bayern Muenchen. Penguasa klasemen Bundesliga itu tampaknya tidak berhenti menjadikan Dortmund arena berburu pemain. Setelah sukses merebut Mario Goetze dan Robert Lewandowski, FC Hollywoodkabarnya terus mendekati Marco Reus dan Ilkay Gundogan. Meski Reus memperpanjang kontraknya, bukan berarti Bayern tidak bisa membajaknya.

Sebab, buy out clause-nya masih di bawah 50 juta pounds, sedangkan masa tugas Gundogan akan habis 30 Juni 2016 dan sampai saat ini belum ada indikasi Dortmund akan memperpanjangnya. Persoalan berikutnya adalah legpertama babak 16 besar Liga Champions kontra Juventus, Rabu (25/2).

Hanya tersisa kurang dari empat hari sebelum menyambangi Juventus Stadium membuat Klopp diyakini bakal kebingungan dalam menentukan strategi melawan Stuttgart. Namun, Klopp menolak memikirkan semua itu dan menegaskan enggan bersikap negatif. Meski terancam mengalami krisis pemain, Klopp menyatakan tidak akan mengorbankan laga kontra Stuttgart.

“Kami akan menurunkan tim terbaik melawan Stuttgart. Saya tidak akan mengistirahatkan siapa pun demi melawan Juventus,”ucapnya, dilansir Sky Sport. Klopp bertekad menumbangkan Stuttgart demi menjauh dari zona degradasi. Walau sudah naik ke peringkat 15, status Die Borussen belum sepenuhnya aman.

Mereka bisa terjerembab lagi mengingat hanya terpaut satu angka dari garis merah. Itu bisa terjadi jika gagal meraih angka penuh pada laga tandang nanti. Alasan Klopp menganggap serius laga menghadapi Stuttgart lantaran ingin menjaga momentum. Dortmund sedang mendapat angin segar menyusul torehan dua kemenangan beruntun.

Mereka sukses melumat Freiburg (3-0) dan Mainz 05 (4-2) yang berujung keluarnya dari zona degradasi setelah enam pekan. “Kami ingin tetap tampil di Bundesliga. Saya ingin memastikannya secepat mungkin. Saya tidak cemas soal degradasi, tapi kami harus bermain lebih positif. Tidak pernah mudah bermain di Stuttgart. Bagi kami, kemenangan suatu keharusan. Ini pertempuran menghindari degradasi,” tandas Klopp.

Keseriusan Klopp ikut pula dipicu status tuan rumah. Stuttgart merupakan juru kunci. Tapi, mereka bisa merangkak naik bila menang. Itu membuat armada Huub Stevens itu lebih berbahaya. Die Schwabendipastikan bakal tampil habis-habisan. Apalagi, Dortmund sudah merasakan sengatan Stuttgart pada musim ini. Dortmund pernah ditahan 2-2 ketika Stuttgart bertandang ke Signal Iduna Park, 25 September lalu.

Saat itu Stuttgart sempat unggul 2-0 berkat dua gol Daniel Didavi. Dortmund baru bisa membalas mendekati akhir pertandingan. Ini menunjukkan Stuttgart bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0468 seconds (0.1#10.140)