Pengunduran PD 2022 Tak Berujung Kompensasi

Kamis, 26 Februari 2015 - 05:38 WIB
Pengunduran PD 2022 Tak Berujung Kompensasi
Pengunduran PD 2022 Tak Berujung Kompensasi
A A A
DOHA - Putaran final Piala Dunia (PD) 2022 di Qatar hampir dapat dipastikan digeser ke November-Desember, setelah satuan tugas FIFA resmi mengeluarkan rekomendasi ini dengan pertimbangan mustahil menggelar Piala Dunia pada pertengahan tahun. Suhu udara Qatar yang terlalu panas menjadi kambing hitam Pengunduran PD 2022.

Perubahan jadwal ini tentu akan mengganggu kompetisi domestik di Eropa. Namun sekretaris jenderal organisasi sepak bola dunia FIFA, Jerome Valcke, memastikan tidak akan ada kompensasi bagi klub-klub Eropa terkait pemindahan jadwal Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Tidak akan ada kompensasi. (Mereka) punya waktu tujuh tahun untuk mengatur ulang (jadwal kompetisi domestik). Kami sudah ada kesepakatan dengan klub-klub sepak bola," kata Valcke dalam keterangan pers di Doha, Qatar.

Asosiasi sepak bola Eropa -yang antara lain mewakili klub-klub besar dari Inggris, Jerman, dan Prancis- memprotes rekomendasi satgas FIFA karena pemindahan jadwal Piala Dunia ke November-Desember akan mengganggu kompetisi domestik. Pengurus asosiasi mengatakan mereka akan meminta ganti rugi jika Piala Dunia digelar pada akhir tahun.

Biasanya putaran final diselenggarakan pada Juni-Juli ketika belahan Bumi utara mengalami musim panas, namun pada bulan-bulan ini suhu udara di Qatar bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, yang dianggap akan membahayakan kesehatan para pemain.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3934 seconds (0.1#10.140)