Belum Juara

Rabu, 11 Maret 2015 - 09:04 WIB
Belum Juara
Belum Juara
A A A
TURIN - Juventus memperlebar keunggulan mereka atas AS Roma menjadi dua digit seusai mengalahkan Sassuolo 1-0. Namun, Pelatih Massimiliano Allegri memerintahkan pasukannya tidak jemawa.

Gol tunggal Paul Pogba pada menit ke-82 di Juventus Stadium memperbesar peluang Nyonya Tuamemenangi scudettoempat kali beruntun. Kemenangan itu membuat Juventus unggul 11 angka atas Roma, yang sehari sebelumnya bermain tanpa gol kontra Chievo Verona.

Tingginya selisih angka menyebabkan Juventus sebagai calon tunggal juara Seri A musim ini. Apalagi, sejumlah rival berguguran. Roma yang awalnya jadi pesaing kuat kini dilanda syndromeaneh. Sepanjang tahun ini pasukan Serigalalebih sering bermain seri ketimbang menang.

Musuh lain seperti Napoli dan Lazio sudah mengibarkan bendera putih lantaran tertinggal 15 angka. Juventus akan semakin sulit dikejar karena kompetisi tinggal tersedia 12 pertandingan lagi. Faktanya, Pogba dkk hanya butuh 26 angka lagi untuk mempertahankan takhtanya atau tinggal memenangi sembilan partai lagi. Itu bukan tugas sulit bagi Juventus bila melihat statistik musim lalu.

Dari 12 pertandingan tersisa, Nyonya Tua mampu meraih 11 kemenangan dan 1 kalah. Mengacu prestasi kali ini, capaian serupa berpotensi terulang lagi. Nyatanya, Juventus belum terkalahkan di Seri A sejak ditundukkan Genoa 0-1, 30 Oktober 2014. Namun, Allegri membantah anggapan kalau Juventus sudah dipastikan juara.

Menurut dia, apa pun bisa terjadi karena masih banyak pertandingan yang harus dijalani. ”Tentu saja (kami belum jadi juara). Jalan masih panjang. Kami harus tenang dan tidak terburu-buru,” ujarnya, dilansir Football Italia.

Allegri mengklaim ada beberapa faktor yang perlu diwaspadai. Salah satunya kelelahan, mengingat Juventus aktif di tiga kompetisi berbeda, yakni Seri A, Coppa Italia, dan Liga Champions. Itu memaksa Juventus bertanding setiap tiga hari sekali, setidaknya hingga dua bulan ke depan. Kendala lain adalah lawan yang menghadang.

Khusus di Seri A terdapat sejumlah anggota 10 besar yang siap menjegal, yaitu Lazio, Fiorentia, Sampdoria, Torino, Inter Milan, dan Napoli. Berkaca hasil pertemuan sebelumnya, ada kemungkinan Juventus hanya meraih satu angka saat menghadapi beberapa di antaranya.

Juventus sempat bermain imbang pada perjumpaan pertama melawan Fiorentina, Sampdoria, dan Inter. ”Scudetto adalah target utama kami. Memenangi Liga Champions merupakan mimpi dan kami akan melihat apakah mampu membalikkan kekalahan (1-2 dari Fiorentina) di Coppa Italia,” tutur Allegri.

Allegri juga menambahkan hal lain mengapa Juventus belum dipastikan juara karena langkah Nyoya Tua yang labil. Kontra Sassuolo, contohnya. Tim tamu seharusnya bisa dengan mudah dijinakkan karena sedang terluka akibat tiga kekalahan beruntun. Namun, Juventus selaku tuan rumah dipaksa berjuang hingga akhir laga sebelum meraih kemenangan.

”Saya hanya ingin membicarakan Juventus tahun ini. Saya tidak ingin membandingkan antara musim lalu dan sekarang. Bagi pemain dan fans, hal terpenting yakni memenuhi tujuan. Harapan itu jelas memerlukan kerja keras,” pungkas Allegri.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5674 seconds (0.1#10.140)