Thiago Silva, Jenderal Pertahanan PSG

Kamis, 12 Maret 2015 - 14:04 WIB
Thiago Silva, Jenderal Pertahanan PSG
Thiago Silva, Jenderal Pertahanan PSG
A A A
LONDON - Kapten Paris Saint Germain (PSG), Thiago Silva jadi penentu keberhasilan Les Parisiens memastikan diri lolos ke babak Delapan Besar Liga Champions musim ini. Golnya di menit ke-114 mengubur ambisi The Blues menjuarai gelar paling bergengsi di Benua Biru.

Silva memang bukan man of the match pada laga itu, David Luiz yang mencetak gol pembuka ke gawang Thibaut Courtois pada menit ke-86 disematkan predikat sebagai pemain terbaik dalam pertandingan. Meski begitu, Silva memegang peranan besar menjaga lini bertahan PSG dari lini serang yang dimotori Diego Costa.

Sebagai kapten, Silva menanggung tugas ganda di lapangan. Selain mendukung performa fisik rekan-rekannya dengan tampil disiplin menjaga wilayah bertahan, pemain yang juga menyandang ban kapten tim nasional Brazil perlu membangun mental rekan-rekannya saat berlaga di lapangan. "Saya berharap kami bisa main bagus selama perjalanan di Liga Champions," kata Silva, dikutip Sky Sports, Kamis (12/3/2015)

Kesuksesan PSG merebut tiket Delapan Besar Liga Champions di kandang Chelsea adalah bukti keberhasilan Silva menunaikan tugas ganda tersebut. Tidak hanya berhasil mematikan langkah Costa hingga pemain Spanyol naturalisasi Brazil itu gagal mencetak gol sepanjang pertandingan, statistik menyimpulkan pertahanan PSG yang dikomando Silva tampil lebih baik ketimbang pertahanan Chelsea.

Sementara Luiz lebih banyak membantu serangan, Silva telah membuang sedikitnya 21 kesempatan Chelsea membangun serangan dengan akurasi tackle sebesar 71 persen, dia menjadi pemain bertahan paling disiplin sepanjang leg kedua yang digelar di Stamford Bridge. (Baca juga : PSG Tuntaskan Dendam Atas Chelsea).

Selain piawai menjaga wilayah bertahan, Silva juga mampu memaksimalkan peluang mencetak skor. Aksinya di menit ke-114 memaksa tuan rumah mengakhiri perjalanan di pentas Liga Champions musim ini. (Baca juga : Blanc Beberkan Rahasia Sukses di Kandang The Blues).

Profil dan Biodata Lengkap Thiago Emiliano da Silva,
Nama Lengkap : Thiago Emiliano da Silva
Tempat Lahir : Rio de Janeiro, Brazil
Tanggal Lahir : 22 September 1984
Kebangsaan : Brazil
Posisi : Bek
Bermain di Klub : Paris Saint Germain (PSG)

Perjalanan Karir
Karir Junior
2001–2002 (RS Futebol)

Karir Profesional
2003 (RS Futebol)
2004 (Juventude)
2004–2005 (Porto)
2005 (Dynamo Moscow)
2006–2008 (Fluminense)
2009–2012 (Milan)
2012– Sekarang (Paris Saint Germain)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)