Beda Nasib

Sabtu, 14 Maret 2015 - 08:49 WIB
Beda Nasib
Beda Nasib
A A A
WOLFSBURG - Beda nasib dialami lima klub Italia pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, dini hari kemarin. Inter Milan plus Torino kalah, Fiorentina versus AS Roma imbang, dan Napoli berpesta.

Inter Milan menjadi tim Italia yang paling merana. Kekalahan 1-3 dari Wolfsburg di Volkswagen Arena otomatis membuat tim asuhan Roberto Mancini itu gagal menang pada tiga pertandingan terkini di semua ajang. Sebelumnya, Inter dikalahkan Fiorentina dan bermain imbang dengan Napoli pada Seri A.

Dalam tiga laga tersebut, gawang Inter dijebol enam gol. “Jelas, kekalahan dari Wolfsburg membuat langkah kami (ke perempat final) semakin berat. Namun, semua jawabannya baru bisa kami dapat di rumah (Stadio Giuseppe Meazza pada legkedua pekan depan). Kami tidak akan menyerah begitu saja. Peluang kami belum tertutup sepenuhnya,” ujar Mancini, dilansir Football Italia.

Selain Inter, kekalahan juga diderita Torino. Klub asal Turin yang menjadi kuda hitam di Liga Europa itu menyerah 0-2 di kandang Zenit Saint Petersburg, Stadion Petrovskij. Sementara pertemuan Fiorentina dengan Roma di Stadio Artemio Franchi Firenze berakhir imbang 1-1. Serigala Ibu Kota Italia sebenarnya bisa pulang dengan kemenangan jika Adem Ljajic sukses melakukan eksekusi penalti.

Dari semua wakil Italia di kompetisi kelas dua Benua Biru itu hanya Napoli yang berpesta berkat penampilan memukau Gonzalo Higuain. Penyerang tim nasional Argentina tersebut mencetak hattrick untuk mengantar I Partenopei mengalahkan Dynamo Moscow 3-1 di Stadio San Paolo.

Dengan leg kedua yang akan berlangsung di Rusia, Higuain berharap Napoli meraih kesuksesan di Liga Europa sekaligus Seri A. “Tentu saja itu hasil yang kami harapkan. Semoga bisa terus konsisten dan berharap bisa berimbas saat kami tampil di Seri A. Kali ini ada peluang untuk terus tampil maksimal. Semoga saja kami bisa mengakhiri musim yang hebat ini,” ungkap Higuain.

Aksi gemilang Higuain tidak luput dari sanjungan Rafael Benitez. Mantan pelatih Valencia dan Liverpool itu menegaskan peran penting bomber berkebangsaan Argentina tersebut. Hanya, secara keseluruhan, pelatih asal Spanyol tersebut tetap memandang seluruh pemainnya mampu menjalankan instruksi dengan baik.

“Kami membuat langkah penting di laga tadi (dini hari kemarin). Sebab, kami harus sadar laga di Rusia tidak akan mudah. Kami wajib bekerja keras untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya. Khusus Higuain, dia pemain penting. Namun, secara tim, seluruh pemain tampil sangat baik,” ungkap pemilik nama lengkap Rafael Benitez Maudes tersebut.

Benitez memang patut berbangga atas keberhasilan Napoli tampil sempurna pada legpertama babak 16 besar. Pasalnya, dari lima wakil Italia yang mampu lolos ke fase tersebut, hanya Napoli yang bisa meraih menampilkan sepak bola membanggakan sekaligus membuat langkah menuju perempat final terbuka sangat lebar.

Selain lima wakil Italia, cerita hasil pertandingan dini hari kemarin juga datang dari klub-klub lainnya. Club Brugge dari Belgia berhasil mengalahkan Besiktas (Turki), sedangkan Dnipro Dnipropetrovsk (Ukraina) mampu menundukkan Ajax Amsterdam (Belanda).

Satu-satunya wakil Inggris, Everton, sukses mengalahkan Dynamo Kiev (Ukraina) dan juara bertahan Sevilla memukul Villarreal di Estadio El Madrigal.

Decky irawan jasri
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4822 seconds (0.1#10.140)