Jangan Terlena Garuda Muda

Jum'at, 27 Maret 2015 - 07:00 WIB
Jangan Terlena Garuda Muda
Jangan Terlena Garuda Muda
A A A
JAKARTA - Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia tidak boleh terlena dengan hasil positif terakhir kali kontra Timor Leste. Bertemu di laga pembuka Grup H Kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBk), Jakarta, Jumat (27/3/2015) malam, skuat Garuda Muda, julukan Timnas U-23, menegaskan sudah siap 100 %.

Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, memang punya catatan positif ketika terakhir kali bertemu Timor Leste. Berhadapan ketika sama-sama berlaga di fase grup Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan (Korsel), tim yang juga diarsiteki Aji mampu menang telak tujuh gol tanpa balas dari Timor Leste.

Akan tetapi, Aji tidak melihat hasil bagus itu terlalu berlebihan. Pelatih asal Malang, Jawa Timur, itu menyatakan, Timor Leste sudah mengalami perubahan dari yang sebelumnya berhasil dikalahkan. Yaitu dari tim pelatih, komposisi pemain, dan masa persiapan Timor Leste semuanya sudah berbeda dari sebelumnya.

“Itu (hasil kemenangan di laga sebelumnya) tidak akan berpengaruh. Walaupun memang, jadi modal kepercayaan diri pemain jika selama ini kami masih di atas Timor Leste. Soal seperti apa kekuatan Timor Leste sekarang, kami hanya mendapatkan list daftar pemain dari Timor Leste untuk pertandingan besok (hari ini),” ungkap Aji di Jakarta.

Soal sulitnya mendapat data terakhir penampilan Timor Leste, Aji menegaskan hal itu bukan jadi persoalan bagi timnya. Pelatih yang juga mantan penggawa timnas senior Indonesia pada era 1990-an itu menegaskan, akan lebih mengedepankan kemampuan dari dalam timnya sendiri.

“Yang jelas, kalo video terakhir (Timor Leste) saya dapatkan di pertandingan terakhir di Asian Games. Dari yang kami punya, ada beberapa pemain dari Asian Games ikut di Kualifikasi Piala AFC U-23 kali ini. Tapi saya sampaikan kami akan main dengan cara sendiri, tidak terlalu pusing dengan tidak adanya data yang valid terakhir dari tim lawan,” ujar Aji.

Fokusnya Timnas U-23 jelang laga kontra Timor Leste, juga terlihat dari sikap bungkam berkomentar penggawa Garuda Muda. Coba ditanya soal persiapan Garuda Muda, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Hendra Adi Bayaw, memilih menghindar untuk memberikan komentar.

“Mohon maaf saya tidak boleh bicara apa-apa. Sudah ada instruksi dari tim pelatih untuk tidak bisa apapun soal persiapan kami. Saya minta maaf,” tutur Bayaw, saat ditemui di hotel tempat tim menginap.

Soal kesiapan timnya, dari seluruh skuat yang ada hanya kondisi Manahati Lestusen yang masih tanda tanya apakah bisa tampil atau tidak. Cedera yang didapatkan kapten Timnas U-23 di beberapa uji coba terakhir itu masih belum 100 % fit, setelah mengalami cedera saat Garuda Muda menggelar laga uji coba di Sidoarjo, Jawa Timur.

Namun, Aji yakin Manahati tetap bisa diturunkan pada laga perdana. Tapi jika hal itu tidak bisa terlaksana, dirinya mengaku sudah menyiapkan simulasi jika pemain belakang Barito Putra itu absen. Yaitu dengan menyiapkan dua nama pengganti seperti Jajang Mulyana dan Rudolof Yanto Basna sebagai alternatif.

“Manahati jujur mudah-mudahan bisa main. Tapi kondisnya saya lihat belum 100%. Tapi melihat dari kemauan, semangat juang, dan mental Manahati, kalau hanya sakit 5-10 % saya yakin bisa tertutupi. Karena anak ini memiliki satu karakter yang menurut saya dibutuhkan untuk pemain sepak bola,” tegas Aji.

Sementara di kubu Timor Leste, sang pelatih Maurico Cruz Jiron, mengaku tidak terpengaruh dengan hasil negatif di pertemuan terakhir dengan Garuda Muda. Dengan persiapan yang sudah dilakukan sejak Januari tahun lalu, pelatih berkebangsaan Brazil itu mengaku optimistis dengan peluang Timor Leste bersaing di Grup H.

“Taget kami tidak muluk-muluk, akan tetapi kami akan berusaha sekuat mungkin untuk bisa bersaing di fase grup terutama pada pertandingan pertama dengan tim tuan ruamah Indonesia. Kami tidak datang untuk berlibur disini, kami datang untuk bertanding sepenuh hati. Siapapun lawannya kami siap, termasuk menghadapi Indonesia,” tegas Jiron.

Perakiraan Susunan Pemain :
Indonesia (4-2-3-1) :
Ravi Murdianto; Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pratama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Paulo Sitanggang, Zulfiandi; Hendra Adi Bayaw, Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn; Anthony Putra Nugroho
Pelatih : Aji Santoso

Timor Leste (4-4-2) ;
Ramos Maxanches; Adrien Guiterrez, Ezequiel Fernandes, Filipe Oliveira, Stefano Petrovic; Nilo Soares, Adelina Trindade, Frenado Billeroz, Miguel McKite; Yazid Gomez, Boavida Olegario
Pelatih : Maurico Cruz Jiron
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7412 seconds (0.1#10.140)