Antisipasi Kerusakan Parah, Pengelola GBK Siapkan Pawang Hujan

Jum'at, 27 Maret 2015 - 09:06 WIB
Antisipasi Kerusakan Parah, Pengelola GBK Siapkan Pawang Hujan
Antisipasi Kerusakan Parah, Pengelola GBK Siapkan Pawang Hujan
A A A
Usai sudah konser One Direction di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kini, stadion terbesar di Indonesia tersebut kembali ke agenda olahraga.

Dalam satu pekan ke depan, stadion berkapasitas lebih dari 80.000 penonton tersebut digunakan menghelat pertandingan Grup H kualifikasi Piala AFC U-23. Penggunaan SUGBK sebagai tempat konser boy band asal Inggris tersebut sempat menjadi perbincangan seru, terutama di dunia maya dan menjadi treading topicdi Twitter.

Pendukung timnas rata-rata menyalahkan pengelola GBK yang terkesan memberi prioritas kepada konser band dibandingkan hajatan Piala AFC U-23. Reaksi tersebut membuat pengelola GBK mengambil jalan tengah. Mereka memutuskan tetap memberi izin kepada PSSI untuk menggelar hajatan Piala AFC U-23 di SUGBK.

Tapi, kompromi tersebut tak sepenuhnya membuat pencinta sepak bola tenang. Ada kekhawatiran kondisi rumput akan rusak setelah dipakai menggelar konser dan timnas U-23 harus mengungsi ke daerah. Dan, kemarin, setelah konser usai, pengelola dan panitia konser langsung bekerja ekstra keras mengangkat penutup lapangan dan panggung.

Hasilnya? Kondisi rumput terlihat menguning di beberapa bagian dan kotak-kotak. “Kami bantah jika rumput stadion SUGBK rusak. Kami sedang bersama perwakilan AFC memantau langsung kondisi rumput. Perwakilan AFC juga menyatakan tidak ada masalah, bisa dipakai untuk pertandingan besok (hari ini),” ungkap Direktur Pihak Pengelola Kompleks (PPK) GBK Raja Parlindungan Pane kepada KORAN SINDO, kemarin.

“Kami juga ada rencana menyiapkan pawang hujan mengingat kondisi cuaca Jakarta yang memang curah hujannya cukup tinggi dalam beberapa hari belakangan. Berbagai cara kami lakukan agar jalannya pertandingan tidak terganggu. Apalagi, besok ada dua pertandingan yang dimainkan,” lanjutnya.

Penjelasan Raja diamini Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) kualifikasi Piala AFC U-23 Azwan Karim. Pihaknya masih bisa menoleransi kondisi terakhir rumput SUGBK setelah digunakan konser One Direction.

Pria yang juga menjabat Direktur Hubungan Luar Negeri PSSI itu menegaskan jika kondisi itu tidak mengganggu eventyang mulai digelar hari ini. “Yang paling krusial adalah (rumput) yang tertimpa panggung, karena setelah diangkat warna rumputnya menjadi menguning. Tapi, tidak ada masalah asal konturnya tidak berubah. Idealnya ada sinar matahari, karena hujan dan kebanyakan air juga tidak baik. Saya sempat berpikir kondisinya lebih buruk, tapi ternyata tidak,” tutur Azwan.

Persaingan kualifikasi Piala AFC U-23 memang mulai dimainkan hari ini. Pertandingan pertama yang digelar pukul 15.30 WIB akan mempertemukan Brunei Darussalam versus Korea Selatan. Adapun laga kedua pada pukul 19.00 WIB, timnas Indonesia akan ditantang Timor Leste.

Decky Irawan Jasri
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1208 seconds (0.1#10.140)