Pesta Gol Lagi

Minggu, 29 Maret 2015 - 09:04 WIB
Pesta Gol Lagi
Pesta Gol Lagi
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 tidak akan turun dengan kekuatan penuh saat melawan Brunei Darussalam di laga kedua Grup H kualifikasi Piala Asia U-23.

Sederet pemain dipastikan absen pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, nanti sore. Seusai menggasak Timor Leste lima gol tanpa balas, Pelatih Aji Santoso harus dihadapkan pada kondisi kebugaran dan hukuman kartu beberapa pemain. Zulfiandi terpaksa menepi setelah diganjar kartu merah. Sementara Evan Dimas mengalami cedera bahu kiri.

Kondisi kapten tim Manahati Lestusen pun tidak memungkinkan tampil. Realitas itu, suka tidak suka, memaksa Aji harus menurunkan pengganti. Di tengah, posisi Zulfiandi akan digantikan Paulo Sitanggang atau Safrial Irfandi. Sementara posisi Evan, Aji memilih berteka-teki. Bisa saja Ahmad Noviandani yang biasa beroperasi di sisi kiri ditarik lebih ke tengah menemani Adam Alis.

Sementara rekan Hansamu Yama Pranata di jantung pertahanan, jika Manahati benar-benar absen, Aji menyebut Jajang Maulana atau Rudolof Yanto Basna. Tapi, kondisi tersebut tak bisa menjadi alasan Garuda Muda tak tampil maksimal. Setidaknya, dari sisi head to head , Indonesia baru menelan satu kekalahan dan sekali imbang melawan tim berjuluk Tebuan tersebut.

Kekalahan terjadi ajang Hassanal Bolkiah Trophy, Indonesia menyerah 1-3. Selebihnya, Brunei selalu menjadi lumbung gol saat bersua Indonesia. Salah satunya yang paling fenomenal saat SEA Games 2011. Bertemu di babak penyisihan grup, Indonesia menggelontor gawang Tebuan sembilan gol tanpa balas. Pada laga perdana, Brunei juga menyerah lima gol dari Korea Selatan (Korsel).

“Saya belum melihat mereka (saat dikalahkan Korsel). Tapi, kami akan pelajari videonya. Setelah kami tahu kekuatan Brunei, kelemahan dan kelebihan seperti apa, saya baru akan terapkan strategi apa nantinya yang akan kami mainkan,” tutur pelatih yang juga mantan punggawa timnas senior Indonesia pada era 1990-an tersebut.

Begitu juga dengan Hansamu yang mengaku tak mau memikirkan komposisi pemain. Menurutnya, fokus dan konsentrasinya sekarang adalah menghadapi Brunei. Mantan pemain timnas U-19 tersebut menilai proses recovery dengan hanya berenang dan istirahat yang cukup di hotel tempat tim menginap, itu sudah cukup membuat kondisi kembali fit.

“Kondisi sudah mulai pulih dengan recovery berenang. Soal banyak pemain cedera, saya rasa tidak menjadi masalah. Tim ini tidak hanya 11 pemain yang ada di lapangan. Jadi, semuanya pasti siap bermain jika dipercaya tampil di pertandingan besok (hari ini),” tutur pemain yang mencetak satu gol ke gawang Timor Leste tersebut. Di kubu Brunei, kekalahan telak pada pertandingan pertama tak lantas membuat semangat mereka kendur.

Pelatih Brunei Stephen Ng Heng Seng menegaskan laga kedua kontra Garuda Muda dipastikan tidak akan berjalan mudah. Apalagi, jika melihat penampilan timnas U-23 di laga perdana. “Level Indonesia dengan Korsel tidak berbeda jauh. Kami sadar jika pertandingan nanti tidak akan mudah untuk kami. Tapi, kami tetap yakin jika peluang untuk menang tetap ada. Sekecil apa pun peluang itu akan kami maksimalkan dengan baik,” tandas pelatih berkebangsaan Singapura tersebut.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9002 seconds (0.1#10.140)