Jokowi Didesak Reshuffle Menpora Imam Nahrawi

Jum'at, 10 April 2015 - 20:30 WIB
Jokowi Didesak Reshuffle Menpora Imam Nahrawi
Jokowi Didesak Reshuffle Menpora Imam Nahrawi
A A A
JAKARTA - Akibat dinilai tidak mampu mengurusi olah raga nasional, sejumlah kalangan olah raga di Tanah Air mendesak Presiden Joko Widodo me-reshuffle Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) Imam Nahrawi. Hal ini terlihat saat Menpora dinilai cuek ketika diminta menyelesaikan konflik yang terjadi di sejumlah induk cabang olah raga.

Berbagai persoalan memang sedang menggelayuti berbagai cabang olah raga di Tanah Air. Sebut saja seperti balap sepeda, taekwondo, tenis meja, dan bulu tangkis. Bahkan melalui BOPI, Menpora dianggap terlalu berlebihan mencampuri urusan sepak bola yang harusnya ada di ranah PSSI.

Untuk itulah kalangan olah raga membentuk Komite Olah raga Profesional Nasional Indonesia (KOPNI) dan membuat petisi yang ditujukan kepada Presiden Jokowi. Isinya, KOPNI meminta Presiden agar mengganti Imam sebagai Menpora karena dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya sebagai menteri.

"Kami ingin menteri yang tahu olahraga bisa menjabat sebagai Menpora. Jika bukan berasal dari olahraga akan kita tolak," kata anggota Komite Adhoc PSSI, Togar Manahan Nero usai Diskusi Olah raga Profesional di Hotel Blue Sky, Jakarta, kemarin.

Petisi itu disetujui sejumlah petinggi olah raga di Tanah Air, antara lain Ketua Umum PB ISSI Edmound Simorangkir, Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Icuk Sugiarto, Sekjen FOMMI Suryadi Gunawan, mantan Plt Ketua BOPI Haryo Yuniarto, Anggota Komite Adhoc PSSI Togar Manahan Nero dan Mahfudin Nigara, Ketua Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) Manahan Situmorang serta perwakilan Jet Ski, Fully Aswar.

"Kami sudah infokan kepada Menpora dan KONI kalau pemilihan atlet di balap sepeda penuh kecurangan. Padahal ada prosedurnya, yaitu melalui seleksi. Tapi yang ada sekarang, ada atlet titipan dari pihak tertentu, kemudian masuk ke Pelatnas. Kalau seperti ini, mana bisa berprestasi," ujar Edmound.

Rencananya, KOPNI juga akan menyampaikan petisi kepada Ketua DPR RI dan Komisi X yang menangani olahraga pada 13 April mendatang. Dan ingin para legislatif mendengar masukan dari para olahragawan yang berharap agar Menpora diganti.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)