Menantang Bahaya

Rabu, 15 April 2015 - 09:32 WIB
Menantang Bahaya
Menantang Bahaya
A A A
PORTO - Der Trainer Bayern Muenchen Josep ‘Pep’ Guardiola berharap armadanya dapat meneruskan hegemoni saat menyambangi FC Porto pada laga pertama perempat final di Estadio Do Dragao, dini hari nanti. Masalahnya, Bayern hampir pasti tidak dalam kekuatan penuh.

Guardiola dibuat pusing dengan kondisi kesehatan Arjen Robben dan Franck Ribery. Itu diperparah dengan David Alaba dan Mehdi Benatia yang masih menjalani perawatan. Kabar terbaru, Bastian Schweinsteiger ikut terkapar. “Saya harap kami dapat mengalahkan FC Porto dengan pemain yang ada saat ini. Terpenting, saya juga berharap tidak ada lagi pemain yang mengalami cedera,” ucap Guardiola, dilansir Bild.

Jawara Bundesliga itu tidak bisa berharap mendapat kemudahan pada laga tandang ini. Porto bukanlah tim kacangan. Tim asuhan Julen Lopetegui tersebut cukup tangguh di kompetisi Eropa. Mereka dua kali memenangkan Liga Champions (1986/1987 dan 2003/2004) dan Liga Europa (2002/2003 dan 2010/2011). Dragoesjuga punya catatan bagus musim ini.

Mereka baru sekali kalah dari 14 partai di semua kompetisi, selebihnya 11 menang dan dua imbang. Jelang pertemuan perdana dengan Bayern, Porto bermodalkan dua kemenangan beruntun, yakni atas Estoril (5-0) dan Rio Ave (3-1). Lebih menyeramkan lagi adalah rekor kandang Porto. Helton dkk mampu membukukan 10 kemenangan berturut-turut di depan publik sendiri. Lebih mengagumkan lagi, enam sukses terakhirnya berkategori clean sheet.

Pada enam partai itu, Porto mendulang 33 gol tanpa pernah kebobolan. Itu menunjukkan Porto bukanlah tim yang bisa dikalahkan dengan kekuatan seadanya. Menilik kapabilitas Porto ketika menjadi tuan rumah, sulit memprediksi Bayern dapat pulang membawa hal penting, seperti gol tandang, apalagi kemenangan. Guardiola menyadari rintangan yang bakal dihadapi armadanya.

Karena itu, dia berharap dapat memanfaatkan catatan positif yang diraih belakangan ini untuk menjaga motivasi. Akhir pekan lalu, Bayern sukses melibas Eintracht Frankfurt 3-0 dalam lanjutan Bundesliga di Allianz Arena. Hasil positif itu kian mendekatkan Bayern dengan singgasana juara. Dua gol Robert Lewandowski dan sisanya dari Thomas Mueller membuat FC Hollywoodtinggal memerlukan sembilan angka lagi untuk mencatatkan hattrickjuara melanjutkan sukses ketika merajai Bundesliga 2012/2013 dan 2013/2014.

Kemenangan atas Frankfurt menambah koleksi Bayern menjadi 70 angka dari 28 partai. Mereka kini memimpin 10 angka dari VFL Wolfsburg yang mendulang 60 angka. Lantaran Bundesliga menyisakan enam laga lagi, klub Bavaria itu bisa mengamankan trofi jika bisa mendulang 79 angka. Itu juga dengan asumsi Wolfsburg memenangkan semua laga sisa.

Pasalnya, Wolfsburg maksimal hanya mampu membukukan 78 angka. Itu berarti Bayern hanya perlu memenangkan tiga laga lagi demi menjuarai Bundesliga untuk ketiga kali secara beruntun. “Kami beberapa kali meraih hasil bagus. Itu membuat cukup percaya diri.

Asalkan bisa menguasai bola, bermain menyerang, tidak memberi lawan kesempatan, kami akan memenangkan laga itu,” ucap kapten Philipp Lahm. Meski demikian, Lahm tetap meminta rekan-rekannya tidak lengah. Pasalnya, Porto punya banyak pemain berkualitas, cepat dalam menyerang, dan punya fisik yang kuat. Intinya, Porto tim yang berbahaya.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5753 seconds (0.1#10.140)