Klopp Minta Izin Tinggalkan Dortmund

Kamis, 16 April 2015 - 08:48 WIB
Klopp Minta Izin Tinggalkan Dortmund
Klopp Minta Izin Tinggalkan Dortmund
A A A
DORTMUND - Westfalen stadion, markas Borussia Dortmund, bak tersambar petir menyusul permintaan Juergen Klopp untuk meninggalkan klub tersebut.

Berdasarkan harian Jerman Bild, nakhoda 47 tahun itu menemui CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke untuk menyatakan keinginannya tersebut pada akhir musim ini. Dia ingin mengakhiri kontraknya yang sebenarnya baru kedaluwarsa pada 2018. Ini adalah musim terberat klub berjuluk Die Borussen itu.

Setelah musim lalu finis di urutan kedua Bundesliga, musim ini asuhan Klopp tercecer di peringkat 10, bahkan sempat terdampar di zona degradasi. Di Liga Champions, Dortmund disingkirkan Juventus pada 16 besar. Satu-satunya trofi yang paling mungkin diraih tinggal DFB Pokal. Itu pun berat karena klub North Rhine-Westphalia itu harus bentrok Bayern Muenchen di semifinal pada Selasa (28/4).

Klopp dipinang Dortmund setelah membesut Mainz tujuh tahun lalu. Di Westfalenstadion, dia berhasil menghadirkan dua Trofi Bundesliga 2010/ 2011, dan 2011/ 2012, satu gelar DFB Pokal 2011/2012, dan sekali membawa Dortmund ke final Liga Champions, meski kandas 1-2 dari Bayern pada 2013.

Jika diizinkan pergi, Bild mengklaim Thomas Tuchel, yang menggantikannya di Mainz, akan menjadi kandidat utama mengisi posisi Klopp di Dortmund pada musim panas nanti. Pasalnya, Tuchel sempat ditawari posisi pelatih oleh Hamburger SV, tapi dia menolaknya. Kabarnya, Dortmund menyiapkan kontrak empat tahun kepada Tuchel dengan nilai sekitar 5 juta euro per tahun.

Rencana kepergian Klopp ini pun langsung mengguncang media-media Eropa, terutama Inggris. Maklum, pelatih kharismatik itu menjadi salah satu nakhoda yang paling diburu oleh klub-klub raksasa Liga Primer. Salah satunya Manchester City (Man City). Bukan rahasia lagi kalau posisi Manuel Pellegrini sedang terancam pemecatan menyusul kekalahan 2-4 The Citizenz pada derby kontra Manchester United akhir pekan lalu.

Spekulasi yang berkembang, bos-bos asal Abu Dhabi pemilik klub tersebut menginginkan servis Pep Guardiola. Namun, niat tersebut siap diblok Bayern yang memiliki klausul kontrak terhadap arsitek asal Spanyol itu sampai 2016. Dalam kondisi ini, Klopp layak menjadi alternatif.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8996 seconds (0.1#10.140)
pixels