Hattrick Gelar

Selasa, 28 April 2015 - 13:46 WIB
Hattrick Gelar
Hattrick Gelar
A A A
MUENCHEN - Bayern Muenchen resmi memenangkan Bundesliga musim 2014/2015. Kemenangan 1-0 atas Hertha Berlin serta tumbangnya VFL Wolfsburg dari Borussia Monchengladbach berujung titel ke-25 bagi FC Hollywood.

Posisi Bayern di puncak klasemen tidak akan tergeser setelah Wolfsburg menyerah 0-1 di Stadion im Borussia-Park. Kekalahan Die Wolfeitu membuat tim asuhan Josep ‘Pep’ Guardiola memimpin 15 angka meski tersisa empat laga lagi. Franck Ribery dkk kini sudah menguasai Jerman selama tiga musim beruntun.

“Kami adalah juara, kawan!!! Tiga kali berturut-turut merupakan sebuah impian jadi nyata,” tulis bek Bayern Dante, dilansir Reuters. Hal senada dikemukakan legendaris Bayern Karl-Heinz Rummenigge. Dia menegaskan keberhasilan ini merupakan pencapaian yang fenomenal. “Bisa mempertahankan gelar adalah sesuatu yang luar biasa. Saya cuma bisa memberi selamat kepada pelatih dan para pemain.

Mereka bekerja dengan sangat baik dalam musim sesudah Piala Dunia, di mana banyak pemain Bayern yang tampil di sana,” ucap Rummenigge. Bayern menjadi tim pertama yang memastikan gelar juara di antara lima kompetisi besar Eropa lainnya. Ini mengulang pencapaian musim lalu, di mana Bayern membukukan sejumlah rekor walau mereka tidak bisa melewati torehan 2013/2014 setelah dinobatkan sebagai juara saat menyisakan tujuh laga.

Bayern juga dipastikan gagal melewati rekor kemenangan terbanyak. Musim lalu mereka menang 29 kali, menyamai edisi 2012/2013. Kali ini, dengan tersedia empat partai lagi, Bayern maksimal hanya bisa mendulang 28 kemenangan. Meski demikian, ada rekor khusus yang dibukukan Bayern. Mereka menambah catatan clean sheetmusim ini menjadi 21 kali di Bundesliga. Itu menyamai prestasi Bayern pada periode 2012/2013. Mengingat masih ada empat laga lagi, Bayern bisa menorehkan rekor baru sekiranya bisa meningkatkan jumlah clean sheet.

Bayern juga menjadi tim Jerman paling banyak membukukan hattrick alias menjuarai Bundesliga tiga kali berturut-turut. Terbukti, ini keempat kali Die Rotenmengulang sukses serupa, yakni 1972–1974, lalu 1985–1987 dan 1999–2001, serta yang terbaru 2013–2015. Rekor individu turut tercipta. Kiper Manuel Neuer diberitakan masuk sejarah karena membuat 19 clean sheetBundesliga pada musim ini.

Jumlah itu setara rekor Oliver Kahn pada 2001/2002. Guardiola juga membukukan rekor tersendiri. Mantan pelatih Barcelona itu terus mendapat gelar sejak membesut Bayern pada 2013. Dia kini mengumpulkan lima trofi selama dua musim berkarier di Jerman. Guardiola kini berkesempatan membukukan treble winnerkarena Bayern masih aktif di DFB Pokal dan Liga Champions. Bila Guardiola bisa memenangkan dua kompetisi itu, tentu akan mengulang prestasinya ketika masih melatih Barcelona sekaligus menyamai torehan pendahulunya, Jupp Heynckes.

Ini bisa terjadi karena Bayern kini bisa memusatkan perhatiannya ke Liga Champions dan DFB Pokal. Tidak boleh dilupakan pula Bayern juga menjadi pengumpul trofi Bundesliga terbanyak, yakni 25 kali. Angka itu jauh meninggalkan FC Nuremberg yang dianggap tim tersukses kedua dengan 9 titel dan Borussia Dortmund yang mengoleksi delapan titel.

“Anda bisa menyamakan gelar ke-25 dengan sebuah perayaan. Mereka menampilkan performa luar biasa di paruh pertama, meski seusai menjalani Piala Dunia yang menguras energi. Titel ke-25 perlu sebuah perhatian khusus,” sebut Presiden Kehormatan Bayern Franz Beckenbauer. ?m mirza
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)