Fokus Pertahanan

Minggu, 03 Mei 2015 - 11:40 WIB
Fokus Pertahanan
Fokus Pertahanan
A A A
NAPOLI - Kiper dan para bek Napoli harus meningkatkan konsentrasi bila masih bermimpi tampil di Liga Champions 2015/2016. Sebab, sektor pertahanan sejauh ini justru menjadi titik lemah I Partenopei.

Akibat seringnya terjadi blunder kiper dan bek, Napoli dalam status darurat untuk memuluskan target menempati peringkat 3 klasemen akhir Seri A musim ini. Karena itu, jika tidak ingin kesempatan emas itu melayang, poin penuh wajib dikantongi Gonzalo Higuain dkk saat menjamu AC Milan di Stadio San Paolo, dini hari nanti.

Demi tiga poin, Napoli harus berkaca dari kekalahan mengejutkan 2-4 dari Empoli, midweek lalu. Kekalahan tersebut tidak perlu terjadi bila para pemain di sektor pertahanan fokus 100% mengingat dua dari empat gol yang bersarang ke gawang Mariano Andujar adalah hasil bunuh diri. Akibatnya, jarak antara tim besutan Rafael Benitez tersebut dengan AS Roma (peringkat 3) kembali menjauh. Meski sedang mengalami kondisi darurat lantaran terancam gagal tampil di kompetisi tertinggi Eropa musim depan, Benitez ternyata baru mendapatkan kabar bagus.

Setelah sempat tidak menentu, nasib sang pelatih musim depan mulai jelas. Presiden Aurelio de Laurentiis menegaskan manajemen berniat mempertahankan pelatih berkebangsaan Spanyol itu. De Laurentiis mengaku Napoli sudah siap menyodorkan kontrak baru berdurasi lima tahun kepada pelatih yang sudah memberi Napoli masingmasing satu gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italia itu.

“Saya sudah berbicara dengan Benitez. Saya bilang dia bisa bertahan di klub ini 1-5 tahun ke depan. Namun, semua keputusan sepenuhnya kami berikan kepadanya, termasuk apakah dia bisa meyakinkan keluarganya untuk tetap di sini,” ungkap De Laurentis, dilansir Sky Sports Italia. Tidak hanya didukung faktor internal, Napoli juga berpeluang memetik poin penuh jika melihat kondisi tim tamu yang sedang dirundung masalah berat.

Selain terus disibukkan dengan pergantian pucuk pimpinan klub, performa Milan pada fase-fase akhir kompetisi juga masih mengkhawatirkan. Kondisi Milan semakin parah dengan sanksi yang diterima Jeremy Menez. Gelandang serang asal Prancis itu dipastikan absen hingga akhir musim karena diganjar hukuman tidak boleh bermain pada empat laga. Hukuman itu dijatuhkan karena mantan pemain Roma tersebut menghina wasit saat I Rossoneri dipermalukan Genoa 1-3, midweek lalu.

“Sampai secara matematika sudah tidak mungkin lagi, kami masih harus percaya diri dengan peluang ke kompetisi Eropa. Kami wajib menjaga asa itu tetap hidup dengan memainkan setiap pertandingan mati-matian. Kami masih punya peluang untuk membahagiakan diri kami sendiri,” ungkap Filippo Inzaghi. Walau kondisi Milan sedang tidak stabil, Napoli tetap wajib waspada. Pasalnya, pada pertemuan terakhir kedua tim, Napoli dipaksa menyerah 0-2. Saat itu, gol-gol tim sekota Inter Milan tersebut dicetak Menez dan Giacomo Bonaventura.

Tidak hanya itu. Napoli harus berhati-hati karena Milan kini fokus penuh ke Seri A. Sebaliknya, Napoli masih akan bermain di semifinal Liga Europa. Artinya, konsentrasi klub asal Italia Selatan itu akan terpecah karena berjaya di Liga Europa sama pentingnya dengan mengamankan tiket play-off Liga Champions.

Decky irawan jasri
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9308 seconds (0.1#10.140)