El Real Kembali Dihadang Batu Karang

Selasa, 05 Mei 2015 - 09:35 WIB
El Real Kembali Dihadang Batu Karang
El Real Kembali Dihadang Batu Karang
A A A
TURIN - Real Madrid menembus semifinal Liga Champions setelah berhasil membongkar batu karang pertahanan Atletico Madrid pada perempat final. El Real butuh waktu hampir 3 jam untuk menembus gawang Atletico pada menit ke-88 pada leg kedua perempat final, 22 April lalu.

Kini pekerjaan berat lain kembali menanti. Pada 4 empat besar sang juara bertahan kembali dihadapkan pada batu karang lain saat meladeni Juventus. Sudah bukan rahasia lagi kalau La Vecchia Signora (Si Nyonya Tua) punya pertahanan yang sangat solid. Musim ini klub asal Turin itu hanya kebobolan 19 gol dari 34 pertandingan untuk memastikan scudetto Seri A empat kali beruntun musim ini.

Di Liga Champions, ketatnya barikade benteng Juve juga sudah dibuktikan dengan hanya kebobolan lima kali dari 10 laga. Tercatat ada enam laga di mana gawang Gianluigi Buffon tak kebobolan. Pertahanan Juve pun bisa dibilang lebih fleksibel ketimbang Atletico yang cenderung memarkir bus. Mereka bisa bertransisi dengan cepat dari bertahan dengan keluar menyerang tergantung kondisi di lapangan.

Trio palang pintu Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci sudah empat musim main bersama baik di Juve dan juga di timnas Italia. Bermodal ketiganya sebagai benteng, Si Nyonya Tua mampu empat musim beruntun meraih scudetto Seri A. “Saya pikir kami punya pertahanan terbaik. Kami paham dan saling mengerti satu sama lain setelah main bersama cukup lama,” ucap Bonucci, dikutip Reuters.

Pertanyaannya, mampukah Bonucci dkk membendung laju Cristiano Ronaldo yang baru saja mencetak hattrick ke- 25 di Primera Liga saat Madrid melibas tuan rumah Sevilla 3-2, Sabtu (2/5)? Di sisi lain, Juve juga perlu cari akal membongkar benteng Madrid yang tak pernah kebobolan gol tandang dalam 444 menit di Liga Champions sejak terakhir menang 2-1 di markas Ludogorets Razgrad, 1 Oktober lalu.

Selain itu, meski Si Nyonya Tua sangat dominan di liga domestik, harus disadari sepak bola Italia sedang di masa suram di level Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Di atas kertas, sulit buat mereka menyaingi superioritas klub sekelas El Real. “Tak setiap hari Anda meladeni Real Madrid. Jadi, kami harus menegakkan kepala untuk meraih tiket final. Jika kami gagal mencapainya, itu sudah sesuai perkiraan banyak orang,” ungkap Pelatih Juve Massimiliano Allegri, merendah.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9684 seconds (0.1#10.140)
pixels