SMAN I Manyar Kampiun Liga Futsal Perindo Jatim

Senin, 11 Mei 2015 - 08:59 WIB
SMAN I Manyar Kampiun Liga Futsal Perindo Jatim
SMAN I Manyar Kampiun Liga Futsal Perindo Jatim
A A A
SURABAYA - Gresik melanjutkan dominasinya hingga babak puncak Liga Futsal Perindo (LFP) Jatim. SMAN I Manyar, Gresik, mengangkat trofi juara setelah pada laga final, Minggu (10/5), mengalahkan SMAN I Gedangan, Sidoarjo, dengan skor tipis 1-0.

Sebiji gol dari kaki Riko Andriawan lima menit sebelum bubar, cukup mengantarkan tim yang sudah malang melintang di berbagai turnamen futsal ini. Dengan gelar juara LFP Jatim, SMAN I Manyar berhak mewakili Jawa Timur dalam LFP level nasional di Jakarta. Kekuatan SMAN I Manyar dan SMAN I Gedangan nyaris tidak ada perbedaan. Kekuatan fisik kedua tim masih terjaga, walau dalam sehari bermain tiga kali, yakni babak perempat final, semifinal, dan final.

Dari sisi skillindividu juga dalam level yang sama. Kualitas yang setara menjadikan laga final kurang atraktif karena kedua kubu bermain hati-hati dan cenderung defensif. Pada babak pertama hanya tersaji tiga tendangan ke gawang, dua milik SMAN I Sidoarjo dan hanya satu yang dilepaskan SMAN I Manyar. Pada paruh kedua SMAN I Manyar lebih progresif. Mereka tidak mau terkungkung dalam permainan bertahan dan menggebrak pertahanan lawan.

Kemenangan tim arahan Lukman Hakim ini sebenarnya sudah tercium ketika mendapatkan penalti pada awal babak kedua, walau gagal dieksekusi. ”Faktor fisik yang membuat kami juara. Kalau soal kualitas individu, semua pemain sudah punya dasar bagus. Kami harus bertanding tiga hari berturut-turut dan hari ini (bertanding) tiga kali. Kami benar-benar memperhatikan fisik,” tutur Lukman Hakim, Pelatih tim SMAN I Manyar.

Bahkan, jika tidak ada turnamen, fisik pemain futsal sekolah ini dituntut tetap stabil. Apalagi, ketika menjalani turnamen seperti LFP Jatim, semua pemain harus beristirahat cukup dan memperhatikan pola makan. Aturan ini tak berlebihan mengingat SMAN I Manyar adalah spesialis futsal. ”Kalau ada yang naik level ke profesional, nantinya ada pembelajaran jarak jauh. Pihak sekolah sudah siap dengan fasilitas itu,” tandas dia.

Pelatih SMAN I Gedangan Saga Baidarus menyatakan bahwa timnya lengah di partai menentukan. Padahal, secara persiapan sudah sangat maksimal, baik fisik maupun strategi. Juara pertama LFP Jatim mendapatkan trofi dan uang tunai sebesar Rp5 juta, runner-upmengantongi Rp2,5 juta, dan peringkat tiga Rp2 juta, sedangkan peringkat empat mendapat Rp1 juta. Gelar perorangan disabet Anas Leonardi sebagai top skor dengan 9 gol dari SMAN I Gedangan.

Peringkat ketiga LFP Jatim disabet SMA PGRI 7 Malang dan peringkat empat SMAN 3 Sidoarjo. ”Alhamdulillah LFP Jatim telah melahirkan tim terbaik. Saya berharap SMAN I Manyar nantinya bisa juara juga di level LFP nasional,” ucap Ketua DPW Perindo Jatim Muhammad Mirdasy.

Kukuh setyawan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)