Football Institute Beber Data Perwasitan di Indonesia

Minggu, 25 Juni 2023 - 22:05 WIB
Konferensi pers Football Institute beber data perwasitan di Indonesia. Foto: Istimewa
JAKARTA - Kualitas wasit sepak bola di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Baru-baru ini Football Institute meneliti kinerja wasit di liga profesional di Indonesia sejak 2020 hingga musim teranyar, hasilnya: sebagian besar wasit tidak lolos seleksi untuk memimpin pertandingan.

Upaya pembenahan kualitas wasit sudah dimulai dengan menggandeng Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA). Dua perwakilan instruktur wasit Jepang pun didatangkan, yakni Chairman of JFA Referees Committee Ogawa Yoshimi dan JFA Referee Instructre Toshiyuki Naga.

Lantas, seperti apa gambaran wasit sepak bola Indonesia di musim lalu?



Football Institute melakukan penelitian dengan metodologi riset menggunakan sample yang betul-betul akurat dari total 719 pertandingan Liga 1, mulai dari kompetisi musim 2020 hingga musim 2022/2023, dan pelaksanaan turnamen Piala Menpora hingga Piala Presiden.

Hasilnya, 58 % wasit dengan penugasan tertinggi di kompetisi Liga 1 tahun 2022 tidak lolos dalam seleksi wasit 2023. Di mana 49% wasit tidak lolos seleksi wasit Liga 1, dan 18% wasit liga 1 terdegradasi ke liga 2.



"Artinya musim kompetisi 2022 dipimpin oleh wasit yang tidak kompeten dengan fakta angka-angka di atas. Hanya 13% wasit lolos seleksi Liga 2, 37% degradasi ke Liga 3 dan 50% tidak lolos, kemudian Liga 2 selama ini dipimpin oleh wasit yang tidak memenuhi kualifikasi sesuai angka-angka di atas," ucap founder Football Institute, Budi Setiawan, dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (25/6/2023).



Masalah perwasitan menjadi isu yang selalu berkembang di sepak bola Indonesia. Kualitas sang pengadil lapangan hijau menjadi indikator kesuksesan kualitas sepak bola Indonesia.

Dalam data yang diungkap Football Institute, tercatat 14 dari total 52 wasit di Indonesia tampil dominan dalam tiga musim terakhir. Ketiganya adalah Thoriq M. Alkatiri (34 pertandingan), Agus Fauzan Arifin (32 pertandingan), Steven Yubel Poli (31 pertandingan). Jika dibandingkan dengan wasit lain, ketiganya sangat timpang sebab ada beberapa wasit yang cuma satu kali memimpin pertandingan dalam tiga musim terakhir, mereka yakni Agus Walyono, Ikhsan Prasetya Jati dan Zetman Pangaribuan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More