Siapakah Jeka Saragih, Petarung Indonesia Pertama yang Menang TKO di UFC

Rabu, 22 November 2023 - 12:08 WIB
Ketenaran Jeka Saragih di Ultimate Fighting Championship (UFC) semakin menanjak setelah merebut kemenangan pertama saat menjalani debut di olahraga seni bela diri tersebut / Foto: Jeka Asparido Saragih (@jekasaragih)
Ketenaran Jeka Saragih di Ultimate Fighting Championship (UFC) semakin menanjak setelah merebut kemenangan pertama saat menjalani debut di olahraga seni bela diri tersebut. Maklum saja, dia menjadi petarung Indonesia pertama yang meraih kemenangan TKO di UFC.

Usai menunggu cukup lama, Lucas Alexander menjadi lawan untuk Jeka Saragih di UFC Vegas 82 yang berlangsung di Las vegas, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. Jeka Saragih hanya membutuhkan waktu satu menit untuk mengalahkan lawan dan mendapatkan kemenangan TKO.

Lantas, siapa sebenarnya Jeka Saragih? Berikut profil petarung berjuluk Si Tendangan Maut:



Profil Jeka Saragih





Jeka Saragih merupakan petarung kelahiran Siporkas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 3 Juli 1995. Pemilik nama lengkap Jeka Asparido Saragih itu menunjukkan keterkaitan dengan olahraga bela diri sejak Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jeka Saragih sempat menekuni bela diri wushu dan sempat tampil di Filipina pada 2013, tetapi belum meraih hasil bagus. Usai gagal di Filipina, Jeka Saragih berhasil memenangkan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) wushu di Yogyakarta mewakili Sumatera Utara.

Pada 2015, Jeka Saragih tak diizinkan orang tuanya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara. Akibatnya, ia memilih pergi ke Batam dan menjadi pekerja galangan kapal di PT SMOE.

Meski sibuk dengan pekerjaannya, tetapi Jeka Saragih tetap mengasah kemampuan bela dirinya. Ia magang di sasana Batam Fighter Club (BFC) milik Yakop Sutjipto.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More