Jaime Munguia Menantang Saul Canelo Alvarez: Sekarang, Kami Siap!

Selasa, 30 Januari 2024 - 10:10 WIB
Jaime Munguia Menantang Saul Canelo Alvarez: Sekarang, Kami Siap!/Boxing Scene
Ambisi Jaime Munguia menantang Saul Canelo Alvarez dengan menegaskan sekarang siap menghadapi juara tak terbantahkan kelas menengah super tersebut. Sejak ia mencapai tingkat pengakuan tertentu, Jaime Munguia mungkin telah ditanyai, "Kapan kamu akan bertarung melawan Canelo Alvarez?." setiap hari dalam hidupnya.

Setelah muncul ke permukaan selama masa-masa surutnya HBO dalam olahraga ini, Jaime Munguia ditetapkan sebagai pewaris yang logis - atau setidaknya ancaman Meksiko berikutnya - bagi Canelo. Mengingat ia menawarkan diri untuk maju dan menghadapi Gennadiy Golovkin pada tahun 2018 (dan ditolak oleh komisi Nevada), selama enam tahun ini, ada perasaan bahwa tidak ada batasan untuk jenis lawan yang dapat dihadapi oleh para penggemar tinju.





Selama sebagian besar dari enam tahun itu, lawan-lawan berkaliber yang dipilih untuk Munguia lebih dekat ke ruang bawah tanah daripada ke langit-langit, karena para penanganannya - termasuk beberapa pelatih yang berbeda - memiliki ide yang berbeda untuk lintasannya. Beruntung bagi Munguia, ia memiliki basis penggemar yang sangat antusias yang memadati arena di berbagai tempat di California, Texas dan Meksiko, yang tidak terpengaruh oleh kualitas lawannya dan sangat senang melihat dirinya menang atas siapa pun.

Namun, di usianya yang ke-27 dan dengan 43 laga tanpa kalah yang telah ia jalani, nampaknya ada pemahaman bahwa walau Munguia cukup populer untuk meraih kemenangan besar di dua negara dalam laga-laga yang tidak terlalu mengancamnya, yang terbaik bagi sang petarung adalah untuk meningkatkan perlawanannya. Bulan Juni lalu, Munguia tampil sebagai pemenang saat menghadapi Sergiy Derevyanchenko dalam laga yang dinobatkan sebagai Laga Terbaik Tahun Ini oleh ESPN, dengan menggali lebih dalam untuk bertahan dari ketakutan terbesarnya.

Daripada mengikuti sprint 12 ronde yang melelahkan itu dengan putaran yang mudah di lintasan, Munguia menghadapi John Ryder akhir pekan lalu. Tidak diragukan lagi, ini merupakan pilihan strategis, karena Ryder tidak hanya mewakili 10 besar petinju kelas menengah super, namun juga penantang terbaru Canelo, sebuah kesempatan untuk mengukur Munguia secara langsung dengan pria yang selama ini menjadi bayang-bayangnya.



Munguia meraih hasil terbaik yang ia harapkan, menghentikan Ryder dalam sembilan ronde, dan menjatuhkannya empat kali dalam prosesnya di depan hampir 11.000 penggemar di Footprint Center di Phoenix, AZ. Perlu dicatat juga bahwa meskipun Ryder telah mendiskusikan tentang kemungkinan dirinya untuk pensiun sebelum pertandingan, dan meskipun ia menerima pukulan telak dari Canelo dalam pertandingan terakhirnya, ia juga tidak tampil sebagai seorang yang lemah di atas ring.

Faktanya, hanya satu ronde sebelum Munguia menghentikannya, Ryder mungkin saja menjalani ronde terbaiknya dalam pertandingan ini, menyerang balik secara efektif dengan hook kanan pendek dan uppercut kiri ke arah tubuh. Ini masih merupakan versi solid dari Ryder, dimana Munguia menunjukkan perkembangan dan kemampuan untuk melakukan penyesuaian yang belum pernah ditampilkan sebelumnya.

Munguia berlaga dalam posisi kuda-kuda yang lebih rendah dari biasanya, serta menunjukkan penempatan waktu yang lebih baik saat bertukar serangan, sesuatu yang diakuinya pada Chris Mannix dalam wawancara setelah laga yang disiarkan DAZN. "Terakhir kali, saya hanya melontarkan pukulan seperti orang gila, namun kali ini, penempatan waktu saya lebih baik. Penempatan waktu saya sempurna," kata Munguia.
(aww)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More