11 Petinju Olimpiade Terbaik yang Menjadi Juara Dunia Tinju

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:25 WIB
11 Petinju Olimpiade Terbaik yang Menjadi Juara Dunia Tinju/Boxing Social
Ada 11 petinju Olimpiade terbaik yang menjadi juara dunia tinju dihitung sejak 2008. Ketika Olimpiade Musim Panas tahun ini dimulai akhir bulan ini, dengan pertandingan tinju pertama yang akan digelar pada 27 Juli di wilayah Paris, para penonton akan menyaksikan puncak dari tinju amatir - puncak dari tahun-tahun yang dihabiskan para pria dan wanita ini untuk bertarung dan berlatih demi mendapatkan kesempatan ini.

Dan ini merupakan pratinjau tentang siapa yang harus ditonton di tahun-tahun mendatang. Memang, berhasil lolos ke Olimpiade - apalagi meraih medali - belum tentu menjadi prediktor kesuksesan profesional.Sejak tahun 2008, lebih dari 1.100 petinju pria dan wanita telah berkompetisi di Olimpiade - jumlah pastinya lebih rendah karena ada beberapa petinju yang ikut serta dalam beberapa tahun.

Dari 1.000+ petinju tersebut, 55 petinju telah memenangkan gelar juara dunia setelah menjadi profesional. Dan dari 178 peraih medali sejak tahun 2008, hanya 20 orang yang menjadi pemegang gelar. Dua belas di antaranya adalah peraih medali emas: Nicola Adams, Robson Conceicao, James DeGale, Anthony Joshua, Vasiliy Lomachenko, Ryota Murata, Lauren Price, Robeisy Ramirez, Claressa Shields, Katie Taylor, Oleksandr Usyk, dan Shiming Zou.





Tiga di antaranya adalah peraih medali perak: Denis Berinchyk, Beatriz Ferreira dan Shakur Stevenson. Dan lima peraih medali perunggu: Murodjon Akhmadaliev, Marlen Esparza, Oleksandr Gvozdyk, Yordenis Ugas dan Deontay Wilder. Mari kita lihat Olimpiade 2008 yang diselenggarakan di Beijing, Olimpiade 2012 di London, dan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.Juga Olimpiade 2020 yang diadakan pada tahun 2021 di Tokyo karena pandemi, meskipun sebagian besar masih menjadi prospek dan dalam proses berkembang menjadi pesaing.

Kita akan melihat para juara dunia, pemegang gelar dunia saat ini, serta para penantang dan prospek terbaik lainnya yang saat ini berada dalam peringkat berdasarkan Ring atau TBRB. Para petarung di setiap bagian didaftarkan dalam urutan abjad.

Petinju Juara Dunia

Artur Beterbiev (Rusia)

Beterbiev tidak pernah meraih medali di Olimpiade, mengalami kekalahan yang sangat kontroversial pada tahun 2008 di kelas berat ringanmelawan atlet favorit tuan rumah, dan kemudian bertemu dengan Oleksandr Usyk di kelas berat pada tahun 2012. Kedua kekalahan itu terjadi saat melawan peraih medali emas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More