Lamine Yamal Pecahkan Rekor Pele dan Pemain Termuda Juara Euro

Senin, 15 Juli 2024 - 05:51 WIB
Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final turnamen besar (Euro atau Piala Dunia) / Foto: Legal Sport
Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final turnamen besar (Euro atau Piala Dunia). Bintang muda Spanyol itu melampaui rekor sebelumnya yang dipegang legenda Brasil, Pele , selama 66 tahun.

Pada laga final Euro 2024, Yamal tampil sebagai starter saat Spanyol mengalahkan Inggris 2-1 di Olympiastadion, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Kendati tak bermain penuh, namun bintang Barcelona itu berhasil menorehkan prestasi.

Yamal tercatat sebagai pemain termuda yang tampil di final turnamen besar (17 tahun, satu hari). Catatan bersejarah ini lantaran ia berhasil melewati catatan Pele.





Pele, yang meninggal pada 2022, berusia 17 tahun 249 hari ketika ia bermain di final Piala Dunia 1958 untuk Brasil. Saat itu dia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan Swedia.

Ini kedua kalinya dalam seminggu, Yamal melampaui rekor yang dibuat Pele. Pertama, ia menjadi pemain termuda yang berpartisipasi di semifinal turnamen tim nasional besar.

Yamal menyelesaikan turnamen dengan satu gol dan empat assist. Itu merupakan assist terbanyak di satu turnamen Euro sejak pencatatan dimulai pada 1980.



"Sangat bahagia, dan menantikan untuk kembali ke Spanyol dan merayakannya bersama semua fans. Ini benar-benar hadiah terbaik yang pernah ada," kata Yamal dikutip dari ESPN.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More