Ji Da Bin Dicoret, Indra Sjafri: Yang Dibutuhkan Kualitas

Rabu, 17 Juli 2024 - 16:41 WIB
Indra Sjafri memberikan penjelasan soal pencoretan Ji Da Bin dari skuad Piala AFF U-19 2024 / Foto: Ji DaBin (@jidabin.10)
Indra Sjafri memberikan penjelasan soal pencoretan Ji Da Bin dari skuad Piala AFF U-19 2024. Pelatih Timnas Indonesia U-19 menegaskanbahwa pemilihan skuad dilakukan sangat objektif dengan segala pertimbangan yang matang.

Timnas Indonesia U-19 akan memulai kiprahnya di Piala AFF U-19 2024 yang digelar di Surabaya. Indra telah mengumumkan 23 pemain Skuad Garuda Nusantara yang akan berlaga di ajang tersebut. Dia mencoret lima nama setelah membawa 28 pemain untuk TC lanjutan di Surabaya.

Satu dari lima nama yang sangat menyita perhatian, Indra mencoret sosok Ji Da Bin. Pemain keturunan itu diketahui merupakan pemain pilar yang kerap membela Skuad Garuda Nusantara dalam beberapa turnamen terakhir.





Terkait itu, Indra memberikan penjelasannya secara rinci. Pelatih asal Sumatra Barat ini menjelaskan bagaimana proses pemilihan pemain yang dilakukan tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19.

"Secara regulasi kami mendaftarkan nama 40 pemain, terus dari 40 itu kita lakukan promosi dan degradasi pemain untuk mencari yang terbaik dan kita melakukan beberapa kali TC dan beberapa kali uji coba," ungkap Indra.

"Akhirnya kita bawa 28 pemain ke Surabaya. Di dalam perjalanan, kami melakukan evaluasi pada setiap individu pemain," lanjutnya.



Indra menegaskan bahwa pemilihan pemain dilakukan dengan sangat objektif, bahkan melibatkan beberapa pihak. Dia meyakinkan bahwa 23 pemain yang terpilih ini merupakan pemain terbaik, sesuai dengan kebutuhan tim.

"Saya bisa yakinkan bahwa pemilihan-pemilihan yang kami lakukan sangat objektif. Karena tidak hanya pengamatan-pengamatan yang ada secara visual di lapangan tapi mulai sekecil apapun kita lakukan. Ada pelibatan orang-orang yang ahli di bidangnya, kita lakukan psikotes, kita lakukan tes fisik secara detail," tegas Indra.

"Saya tidak bicara orang per orang, yang saya butuhkan adalah hasil terbaik dari individual kualitas mereka, itulah yang saya pilih. Jadi tidak berpikir dia pernah punya nama besar, dia pendatang baru, tapi yang terbaik sesuai yang kita butuhkan itu yang kita pilih," sambungnya.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja di Piala AFF U-19 2024. Filipina bakal jadi lawan perdana Skuad Garuda Nusantara pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (17/7/2024) pukul 19.30 WIB.
(yov)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More