Gustavo Balart, Petarung MMA Terpendek Tatap Gelar Juara Dunia

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:45 WIB
Penantang sabuk emas interim MMA kelas jerami, Gustavo Balart (dok. ONE Championship)
Gustavo Balart telah membuktikan diri untuk menggapai mimpinya yang kian dekat sebagai Juara Dunia MMA . Pemilik tubuh berpostur cuma 150 cm itu akan mencoba menggapai mimpinya menjadi juara dunia akhir pekan ini.

Pada Sabtu pekan ini (3/8/2024) sang bintang Kuba akan berhadapan dengan Jarred Brooks demi memperebutkan sabuk Interim di Lumpinee Stadium, Bangkok. Ia pun meraih kesempatan besar itu setelah mempertaruhkan banyak hal demi mengejar karier di MMA.

Lahir di Santiago de Cuba tahun 1987, Balart kecil harus menyandang status anak broken-home setelah kedua orangtuanya berpisah. Dalam prosesnya, ia tinggal bersama sang ayah dan saudara laki-lakinya.





Sebelum meniti karier di MMA, Balart dikenal sebagai pegulat Olimpiade yang membawa bendera negaranya beberapa waktu silam. Di pentas lokal, ia telah menyabet sejumlah titel di tingkat nasional hingga tiga kali Juara Pan American Greco - Romawi Wrestling Champion.

Di tingkatan yang lebih bergengsi, Balart berhasil membawa bendera Kuba berkibar di Olimpiade Musim Panas tahun 2012 di London, Inggris. Melihat dunia juga telah membuka mata sang pegulat Kuba, dan ia tak perlu waktu lama untuk bertransisi ke MMA.

Balart pun mengaku terinspirasi dari sebuah game MMA yang ia mainkan di Kuba. Adapun sosok GOAT kelas terbang Demetrious Johnson ikut ambil andil dalam proses transisinya ke disiplin MMA.

Dalam prosesnya, panggilan tersebut meneguhkan langkah Balart untuk menjadi seniman MMA. Langkah berani pun diambil dengan meninggalkan istri dan anak-anaknya di Kuba untuk mencari penghidupan yang lebih cerah di Amerika Serikat.

"Keputusan itu sangat sulit. Ketika saya pergi meninggalkan Kuba, saya juga meninggalkan anak perempuanku yang berumur 5 tahun, anak perempuanku yang berumur 3 tahun dan istriku yang tengah hamil tiga bulan," kenang Balart.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More