14 Momen Olimpiade Paling Bersejarah, Salah Satunya Api Muhammad Ali

Kamis, 01 Agustus 2024 - 14:48 WIB
14 Momen Olimpiade Paling Bersejarah, Salah Satunya Api Muhammad Ali. Foto: Readers Digest Logo
Olimpiade Paris 2024 disebut-sebut sebagai yang terburuk dalam sejarah pesta olahraga terbesar dunia lantaran upacara pembukaan yang bernuansa satanic dan promosi LGBT. Berikut ini sederet momen yang kontroversial dalam sejarah Olimpiade.

1. Paris, 1900: Debut Atlet Perempuan



Olimpiade 1900 di Paris menjadi momen bersejarah bagi perempuan, karena untuk pertama kalinya atlet perempuan diizinkan berpartisipasi dalam tenis dan golf. Olimpiade London 2012 menandai pencapaian gender baru dengan debut tinju perempuan dan semua negara peserta mengirimkan atlet perempuan.

2. Berlin, 1936: Medali Emas Atlet Kulit Hitam



Atlet kulit hitam Jesse Owens memecahkan rekor dan memenangkan beberapa medali emas, meruntuhkan propaganda Hitler tentang "manusia Arya baru". Owens bersahabat dengan kompetitornya dari Jerman, Carl Ludwig "Luz" Long, dan momen kemenangan mereka menjadi simbol sportivitas melawan ideologi Nazi.

3. London, 1948: Debut Atlet Kursi Roda



Olimpiade London 1948 menjadi tonggak sejarah bagi atlet pengguna kursi roda. Dokter Inggris Ludwig Guttmann mendirikan International Wheelchair Games untuk rehabilitasi veteran perang, yang kemudian berkembang menjadi Paralimpiade modern.

4. Roma, 1960: Debut Olimpiade di Televisi



Olimpiade Roma 1960 adalah yang pertama kali ditayangkan di televisi dan menampilkan dukungan merek oleh atlet, menandai era baru komersialisme dan mengubah cara dunia melihat para atlet Olimpiade. Namun, Olimpiade ini juga memperlihatkan sisi negatif kompetisi dengan skandal doping pertama yang terungkap.

5. Mexico City, 1968: Protes Hak Sipil Atlet

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More