14 Momen Olimpiade Paling Bersejarah, Salah Satunya Api Muhammad Ali

Kamis, 01 Agustus 2024 - 14:48 WIB
Meskipun berjuang dengan penyakit Parkinson, mantan juara tinju kelas berat dan peraih medali emas Olimpiade Muhammad Ali menyalakan api Olimpiade selama upacara pembukaan Olimpiade Atlanta 1996. Ini adalah awal yang emosional untuk perayaan seabad Olimpiade.

11. Sydney, 2000: Unifikasi Korea



Dalam momen singkat persatuan, Korea Utara dan Selatan berjalan bersama untuk pertama kalinya dalam upacara pembukaan di Sydney. Alih-alih membawa bendera nasional masing-masing, tim Korea Utara dan Selatan (dengan seragam yang sama) bergandengan tangan dan mengibarkan bendera unifikasi yang menampilkan peta Korea berwarna biru.

12. Athena, 2004: Medali Salah Desain



Medali baru dibagikan kepada pemenang di Olimpiade Athena, menggantikan desain lama oleh pemahat Italia Giuseppe Cassioli yang secara keliru menggambarkan Colosseum Roma daripada venue Yunani. Medali Olimpiade kini menampilkan Stadion Panathenaic di Athena, salah satu stadion tertua di dunia dan lokasi Olimpiade modern pertama pada tahun 1896.

13. Beijing, 2008: Michael Phelps Memborong Emas



Selama Olimpiade Beijing, perenang Amerika Michael Phelps dan timnya mencetak rekor dunia baru dalam acara estafet medley. Phelps dianugerahi medali emas kedelapannya (terbanyak yang dimenangkan dalam satu Olimpiade), yang mendorong jumlah medali keseluruhannya melebihi pemegang rekor sebelumnya, Mark Spitz. Setelah memenangkan medali kedelapannya, Phelps hanya berkata dengan rendah hati, "Rekor ada untuk dipecahkan tidak peduli apa pun itu."

14. Tokyo, 2020: Ditunda karena Wabah



Pada 24 Maret 2020, Perdana Menteri Jepang saat itu, Shinzo Abe, mengumumkan penundaan Olimpiade di tengah pandemi COVID-19. Meskipun Olimpiade tidak dibatalkan—yang belum pernah terjadi sejak 1944—Olimpiade ditunda hingga musim panas 2021 tetapi tetap secara resmi disebut Olimpiade Tokyo 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More