Jose Valenzuela Rampas Sabuk WBA Kelas Ringan Super Isaac Cruz

Senin, 05 Agustus 2024 - 06:06 WIB
Jose Valenzuela Rampas Sabuk Kelas Ringan Super WBA Isaac Cruz/BoxinG Scene
Jose Valenzuela mengalahkan Isaac Cruz untuk merampas sabuk juara WBA kelas ringan super dengan kemenangan angka. Para juri memberi nilai 116-112 dan 116-112 untuk Jose Valenzuela, sementara juri ketiga memberi nilai 115-113 untuk Isaac Cruz. Valenzuela mengungguli Cruz dengan angka 171-118 dalam kontes 12 ronde tersebut.

Awalnya, Isaac Cruz, (26-3-1, 18 KO) mungkin mampu menguasai para penggemar di BMO Stadium sepanjang malam dan mendaratkan serangan yang lebih menarik perhatian. Namun, Jose Valenzuela (14-2, 9 KO) memanfaatkan footwork, pergerakan, panjangnya pukulan, jab dan kemampuan kidalnya untuk keluar dari jarak serang dan membuat lawannya frustrasi demi meraih kemenangan terbaik dalam kariernya.





Jose Valenzuela yang telah berkiprah selama enam tahun tampil tajam seperti biasanya, mengatur jarak dan menampilkan kemampuannya sebagai seorang jenderal ring yang superior. Valenzuela menggunakan momentum yang dimiliki Cruz untuk melawannya sepanjang malam, dan ia pun meraih kemenangan melalui keputusan terbelah, atau split decision.

Cruz gagal mempertahankan gelar kelas ringan super WBA yang ia raih pada bulan Maret lalu melawan Rolando Romero dan melihat potensi pertarungan ulang melawan Gervonta Davis gagal. Sekarang Valenzuela terlihat seperti kandidat yang sah untuk menghadapi Davis, jika pertarungan ulang melawan Cruz tidak terjadi.

Cruz memulai laga dengan tekanan tanpa henti yang menjadi ciri khasnya sejak awal, menyerang "Rayo" dengan serangan kombinasi yang ganas. Hal ini terlihat menyenangkan untuk dilihat, namun Valenzuela adalah petarung yang lebih efisien, menyambungkan 13 serangan berbanding tujuh serangan dari Cruz.

Cruz jauh lebih sukses pada ronde kedua, menghujani Valenzuela di pojok ring dengan agresi yang efektif, mendaratkan beberapa serangan ke arah tubuh dan juga kepala dengan sebuah serangan keras. "Pitbull" berlanjut mengendalikan ritme pada ronde ketiga, namun Valenzuela menyambungkan beberapa uppercut balasan yang tajam, yang kembali mengungguli Cruz, kali ini dengan skor 22-16 pada ronde tersebut.

Ronde keempat dan kelima berjalan cukup seimbang, namun Valenzuela kembali mengenai kepala Cruz dengan sebuah uppercut kanan keras pada ronde keenam. Valenzuela mengungguli Cruz pada ronde ketujuh dan kedelapan, mengungguli Cruz dengan skor 31 banding 14.



Cruz sempat bangkit pada ronde kesembilan, meski sempat terhenti sejenak saat ia mendaratkan pukulan rendah. Sebuah hook kiri menjadi pukulan terbaik yang dilayangkan Cruz pada ronde ini. Valenzuela bangkit pada ronde ke-10 dengan kombinasi tiga pukulan yang tajam.

Sementara itu, Cruz mendaratkan lima pukulan keras pada ronde tersebut. Cruz menghujani Valenzuela dengan pukulan terkuatnya malam itu pada 10 detik terakhir ronde ke-11, namun bel berbunyi sebelum ia dapat melakukan lebih banyak kerusakan. Cruz membawa momentum yang baru ditemukannya itu ke ronde terakhir dan menghancurkan Valenzuela dengan dua pukulan overhand kanan, namun tidak melukainya.

Para penggemar mencemooh Valenzuela setelah keputusan tersebut diumumkan, dan Cruz menyerukan pertandingan ulang. Cruz, 26 tahun, yang menjadi favorit para penggemar, memiliki empat kemenangan beruntun sejak kekalahannya dari Davis pada tahun 2021. Valenzuela, 25, kini menjadi pemegang gelar juara dunia untuk pertama kalinya dalam kariernya.
(aww)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More