Siapa Petinju Pemilik Bogem Terkuat Menurut Saul Canelo Alvarez?

Selasa, 13 Agustus 2024 - 17:01 WIB
Siapa Petinju Pemilik Bogem Terkuat Menurut Saul Canelo Alvarez? Foto: Marca
Saul Canelo Alvarez sudah malang melintang selama 19 tahun di olahraga tinju. Selama kariernya, Canelo telah berhadapan dengan banyak petinju hebat, termasuk yang kini masuk dalam Hall of Fame. Baru-baru ini, Canelo berbicara mengenai siapa lawan terberat yang pernah dihadapinya dan siapa petinju dengan pukulan terkeras yang pernah ia rasakan di atas ring.

Canelo memulai debutnya di dunia tinju pada usia 16 tahun dan mencatatkan rekor 20-0-1 sebelum ia berusia 18 tahun. Pada pertarungan ke-37, Canelo akhirnya menantang dan memenangkan gelar dunia dengan mengalahkan Matthew Hatton dalam perebutan gelar juara dunia super-welter WBC . Sejak saat itu, Canelo tidak pernah menoleh ke belakang, dengan 25 dari 28 pertarungan berikutnya selalu memperebutkan gelar dunia.

Selama waktu itu, Canelo berhadapan dengan banyak nama besar dan meraih segala sesuatu yang bisa dicapai di dunia tinju; menjadi juara dunia di empat divisi, juara dunia tak terbantahkan, serta berbagi trilogi ikonik dengan petinju hebat lainnya, Gennadiy Golovkin. Namanya bahkan telah melampaui batas dunia olahraga dan menjadi sosok yang dikenal luas.





Namun, ketika ditanya tentang pertarungan terberat yang pernah dihadapinya, Canelo Alvarez mengungkapkan di podcast ‘Million Dollaz Worth of Game’ bahwa tantangan mental melawan Floyd Mayweather Jr. jauh lebih sulit dibandingkan menghadapi lawan lainnya.

“Saya memiliki banyak pertarungan yang berat, tetapi saya pikir yang paling sulit adalah melawan Floyd Mayweather. Pertarungan terberat saya mungkin adalah melawan Golovkin,” ungkap Canelo.

Di sisi lain, Canelo telah memantapkan dirinya sebagai salah satu kekuatan paling kuat dan finisher paling kejam dalam dunia tinju, sering kali keluar sebagai pemenang ketika lawan-lawannya mencoba bertarung dari jarak dekat, berkat dagunya yang sekuat batu. Namun, ketika ditanya siapa petinju dengan pukulan terkeras yang pernah ia hadapi, Canelo memberikan jawaban yang mengejutkan.

“Semua orang akan mengatakan Golovkin (adalah petinju dengan pukulan terkeras), tapi saya tidak pernah merasakan kekuatan yang begitu besar seperti (James) Kirkland. Dia memukul lengan saya, dan rasanya seperti dihantam batu. Saya berpikir, ‘Saya harus mengakhiri pertarungan ini sekarang karena jika tidak, dia akan memukul saya di seluruh ring sepanjang pertarungan.’”

Canelo dan Kirkland berhadapan pada tahun 2015 dalam pertarungan yang singkat, di mana Alvarez menjatuhkan Kirkland tiga kali dalam tiga ronde, hingga akhirnya Kirkland tidak mampu melanjutkan pertarungan. Kekalahan itu diikuti dengan absen empat tahun dari Kirkland, yang kemudian kembali dengan kemenangan beruntun sebelum mengalami kekalahan TKO di ronde pertama dari Juan Montiel pada Desember 2020, dan sejak itu ia belum bertanding lagi.

Adapun soal petinju dengan pukulan terkeras, lawan Canelo pada 14 September mendatang, Edgar Berlanga, mungkin akan masuk dalam daftar petinju dengan pukulan sekeras Kirkland. Petinju asal Puerto Rico ini memiliki ukuran yang besar untuk kelas 168 pon dan memenangkan 16 pertandingan profesional pertamanya dengan kemenangan TKO di ronde pertama, meskipun hanya mencatatkan satu kali knockout dalam enam pertarungan terakhirnya seiring peningkatan level lawannya.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More