Timnas Malaysia Gagal Naturalisasi Pemain Liga Belanda Mats Deijl

Selasa, 01 Oktober 2024 - 15:40 WIB
Timnas Malaysia Gagal Naturalisasi Pemain Liga Belanda Mats Deijl. Foto: Makan Bola
Upaya Timnas Malaysia untuk menambah kekuatan lewat program naturalisasi pemain kembali menemui jalan buntu. Kali ini, Mats Deijl, bek tangguh asal Belanda yang bermain untuk Go Ahead Eagles, gagal memenuhi syarat FIFA untuk memperkuat tim nasional Harimau Malaya.

Kegagalan ini menjadi pukulan bagi ambisi Malaysia yang ingin memperkuat skuad mereka dengan pemain keturunan, menyusul keberhasilan Timnas Indonesia dalam program serupa. Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) mengonfirmasi bahwa Mats Deijl tidak memenuhi persyaratan FIFA untuk menjadi bagian dari Timnas Malaysia.

"Mats Deijl Tak Lepas Syarat FIFA Wakili Harimau Malaya" demikian laporan media Malaysia, Makan Bola, Selasa (1/10/2024).



Meski Deijl memiliki garis keturunan Malaysia melalui moyangnya, hal tersebut tidak cukup untuk memenuhi persyaratan FIFA yang menetapkan bahwa pemain keturunan harus memiliki darah langsung dari kakek atau nenek. Dalam kasus Deijl, keturunannya berasal dari ibu sang kakek, sehingga tidak memenuhi syarat yang ditetapkan FIFA.

FAM berusaha keras untuk memproses dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga Deijl dengan Malaysia. Sejak 27 Juni 2024, pihak FAM telah berkomunikasi dengan klub, agen, dan pemain untuk mengonfirmasi kelayakannya. Namun, hasil akhir dari FIFA membuat harapan tersebut kandas.

Program Naturalisasi Malaysia Gagal Total



Gagalnya Mats Deijl untuk dinaturalisasi bukanlah satu-satunya kasus di mana Malaysia menghadapi kegagalan dalam merekrut pemain keturunan. Beberapa pemain lain yang diincar, seperti Ferdi Druijf, Wan Kuzain, dan Ethan Wheatley, juga menolak kesempatan untuk bergabung dengan Harimau Malaya. Ferdi Druijf, yang bermain untuk Rapid Wien, bahkan secara terang-terangan menunjukkan ketertarikannya pada Timnas Indonesia daripada Malaysia, semakin memperjelas bahwa program naturalisasi Malaysia tidak sejalan dengan harapan.

Keputusan pemain-pemain tersebut untuk menolak Malaysia semakin menonjolkan kesuksesan Indonesia dalam menarik pemain keturunan. Indonesia telah berhasil mendapatkan beberapa pemain bintang melalui program naturalisasi, seperti Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang langsung memberi dampak besar pada Timnas Garuda. Kegagalan Malaysia semakin menambah tekanan bagi FAM, yang terus berusaha menyaingi keberhasilan Indonesia.

Kegagalan dalam program naturalisasi ini semakin memperlihatkan bahwa Malaysia masih tertinggal di peta sepak bola Asia Tenggara. Meskipun Malaysia sempat mencatat peringkat FIFA yang lebih baik dari Indonesia pada bulan September 2024, dengan berada di posisi 131 berbanding 132 untuk Indonesia, peringkat ini tidak bertahan lama. Dalam beberapa pekan, Indonesia melesat ke peringkat 129 berkat performa luar biasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk menahan imbang dua raksasa Asia, Australia dan Arab Saudi.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More