Dilema Artur Beterbiev Mandatory Michael Eifert Atau Sabuk IBF Dicopot

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 09:28 WIB
Dilema Artur Beterbiev Mandatory Michael Eifert Atau Sabuk IBF Dicopot/Ring TV
Dilema Artur Beterbiev yang dipaksa untuk memilih menjalani mandatory melawan Michael Eifert atau sabuk IBF dicopot. Dalam upaya terbaru untuk menyabotase semua usaha yang diperlukan untuk menciptakan seorang juara yang tak terbantahkan, juara kelas berat ringan dengan empat sabuk tak terkalahkan, Artur Beterbiev, mengetahui pada hari Rabu bahwa dia menghadapi pertarungan wajib dengan lawan yang tidak jelas, atau berisiko dilucuti dari sabuk IBF (Federasi Tinju Internasional).

Setelah kemenangan angka mutlak atas juara WBA yang saat itu tak terkalahkan dan rekan senegaranya Dmitry Bivol dari Rusia, Artur Beterbiev, 21-0 (20 KO), diberitahu bahwa ia akan bertarung melawan Michael Eifert, 13-1 (5 KO), dari Jerman sebagai penantang wajib IBF. Michael Eifert, 26 tahun, menemukan jalan menuju puncak peringkat IBF dengan mengalahkan Jean Pascal yang sudah berumur dengan keputusan mutlak pada Maret 2023 dan kemudian mencetak kemenangan TKO pada ronde kedua atas petinju yang kurang dikenal, Carlos Eduardo Jimenez, 13-6 (12 KO), pada bulan Agustus.





Ketua Top Rank Bob Arum mengatakan ia memiliki rencana untuk Artur Beterbiev dengan mempertemukan melawan Saul Canelo Alvarez. Dia berencana mengadakan pertemuan makan malam pada bulan Desember dengan pelatih sekaligus manajer Saul Canelo Alvarez, Eddy Reynoso. "Kami memandang Eddy Reynoso dan Canelo sebagai teman... Saya ingin duduk dan makan bersama mereka dan membicarakan masalah ini," kata Bob Arum kepada BoxingScene, Rabu.

Di sisi lain, IBF menyatakan bahwa Eifert adalah calon wajib yang pertama. IBF melakukan hal yang sama terhadap juara kelas berat Oleksandr Usyk dan Saul Canelo Alvarez sebagai raja kelas menengah super. Bob Arum menuduh organisasi tersebut sebagai penyabotase seorang juara yang tak terbantahkan setelah pada awal tahun ini memutuskan bahwa Daniel Dubois memiliki kemampuan untuk menggantikan juara kelas berat yang tak terbantahkan, Oleksandr Usyk, beberapa hari setelah kemenangan mendebarkan Usyk di Arab Saudi atas Tyson Fury.

IBF kemudian mencopot gelar Saul Canelo Alvarez karena tidak bertarung melawan petinju wajibnya yang kurang dikenal, William Scull, yang diberi sabuk tersebut dan mempertahankannya untuk pertama kalinya pada hari Sabtu di Jerman melawan petinju Rusia, Vladimir Shishkin - pertarungan yang tidak menarik sehingga tidak disiarkan di AS.

"Organisasi-organisasi ini benar-benar menghancurkan olahraga ini dengan tidak mengizinkan para petarung untuk tetap tak terbantahkan. Ini sangat menyedihkan," kata Arum. "IBF, khususnya, terbawa oleh dirinya sendiri.''

"Seluruh organisasi ini harus duduk bersama setelah perebutan gelar yang tak terbantahkan dan memikirkan siapa yang harus dilawan oleh sang juara berikutnya. Dan sejujurnya, setelah menjadi tak terbantahkan, petarung itu harus dapat melawan siapapun yang ia inginkan."
(aww)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More