Akankah 2024 Jadi Tahun yang Sama bagi Tim Tszyu seperti Era Ayahnya 1997?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 12:35 WIB
Akankah 2024 Jadi tahun yang Sama bagi Tim Tszyu seperti Era 1997 seperti Ayahnya?/Boxinng Scene
Akankah tahun 2024 menjadi tahun yang sama bagi Tim Tszyu seperti era ayahnya 1997, Kostya Tszyu? Selama ini perbandingannya baik, menyanjung, dan hanya berfokus pada hal-hal positif. Sebagian besar berpusat pada cara dia berdiri - tegak, mantap, tenang - dan cara dia melontatkan pukulan tangan kanannya dengan baik dan lurus, seperti ayahnya.

Mereka juga menyinggung tentang perbedaan ukuran tubuh, dimana sang anak sedikit lebih besar dari ayahnya, serta apa yang dibutuhkan oleh sang anak untuk dapat melampaui apa yang pernah diraih oleh ayahnya di atas ring. Tanda-tanda awalnya positif, kata mereka, namun perjalanannya masih sangat panjang. Ayahnya, bagaimanapun juga, bukanlah sembarang juara dunia, tetapi salah satu petarung terbaik di generasinya.

Ia berhasil mempertahankan gelar sebanyak 13 kali. Ia membuat Zab Judah menari. Ia membuat sebuah bangsa bangga dan seorang anak laki-laki merasa terinspirasi untuk mengikuti jejaknya. Itulah mengapa Tim Tszyu selama bertahun-tahun dibandingkan dengan ayahnya: bagaimana dia bertarung, bagaimana dia menang, seberapa jauh dia harus menirunya.





Dia dibandingkan dengannya karena ayahnya, Kostya, bukanlah petarung biasa dan, dalam konteks seorang anak yang meneruskan bisnis keluarga, juga bukan ayah yang biasa. Hingga saat ini, cerita yang Tim dengar sebagian besar adalah cerita yang positif, sama seperti perbandingannya. Hal yang sama juga berlaku untuk bukti-bukti. Sebagai contoh, ia mungkin akan menyaksikan Judah tersandung di sekitar ring pada ronde kedua lebih dari satu kali, serta mengagumi rekaman video saat ayahnya menjatuhkan lawan-lawannya dengan pukulan kanannya yang dahsyat.

Lebih baik lagi, ia selalu memiliki kemewahan untuk mendiskusikan momen-momen ini dan kemenangan-kemenangan tersebut dengan sang arsitek sendiri; membiarkan ayahnya bernostalgia atau, jika tidak ingin, meminta orang lain untuk menjelaskannya atas namanya. Jarang sekali, jika pernah, selama percakapan ini mereka akan membahas masa-masa sulit, perjuangan, atau kekalahan.

Tentu saja, bukan berarti Tim tidak menyadari hal itu, atau bahkan Kostya tidak mau mengenangnya. Yang dimaksud adalah bahwa kemunduran bukanlah hal pertama yang terlintas di benak Anda saat mengingat kembali karier Kostya Tszyu. Faktanya, kariernya, yang berakhir dengan rekor profesional 31-2 (25), hanya dinodai oleh dua kekalahan, yang salah satunya terjadi dalam laga terakhirnya. Jika tidak, Tszyu adalah gambaran dominasi, nyaris tanpa cela.

Memang, karena alasan itulah Tim, putranya, mungkin merasakan beban ekspektasi yang besar sejak menjadi atlet profesional pada tahun 2016. Ia telah menangani tekanan ini dengan baik, dengan memenangkan 24 pertandingan berturut-turut, namun tahun ini, sayangnya, ada tanda-tanda bahwa tekanan atau ketidaksabarannya sendiri akhirnya mulai menguasai dirinya.

Apapun itu, Tim Tszyu telah kalah bukan hanya sekali, namun dua kali pada tahun 2024 dan pada hari Sabtu, dalam kekalahan terakhirnya, ia dijatuhkan empat kali oleh Bakhram Murtazaliev sebelum dihentikan pada ronde ketiga. Mengejutkan, ya, dan juga meyakinkan, Tszyu sama sekali tidak kompetitif dengan Murtazaliev dan menerima berbagai macam pukulan keras sebelum akhirnya menyerah. Dia memulai dengan sembrono dan berakhir dengan penyesalan. Dalam segala hal, ini adalah sebuah pengecekan realitas dan titik balik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More