Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga

Kamis, 29 Oktober 2020 - 03:03 WIB
No.1 milik Real Madrid menjadi salah satu yang paling prestitus di liga dan telah dikenakan oleh beberapa legenda seperti Paco Buyo dan Iker Casillas. Dua kiper asal Spanyol itu telah memainkan lebih dari 1.000 pertandingan di kasta teratas, di mana Buyo berada di posisi kelima dalam daftar penampilan sepanjang masa LaLiga Santander dengan 542 penampilan, dan Casillas berada di posisi ketujuh dengan 510 penampilan.

Pemimpin dalam daftar penampilan liga adalah Andoni Zubizarreta, yang telah memainkan 622 pertandingan kasta tertinggi selama berkarir dengan Athletic Club, Barcelona, dan Valencia. Ia dikenang oleh setiap klub yang ia bela, terutama Athletic Club di mana ia menjadi kiper dalam tim juara liga beruntun pada tahun 1980-an dan di Barcelona saat ia menjadi kiper bagi Dream Team asuhan Johan Cruyff saat Barça akhirnya menjuarai Piala Eropa perdana di tahun 1992.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Trofi Zamora merupakan penghargaan yang diberikan kepada kiper dengan catatan kebobolan paling sedikit dalam semusim dan beberapa dari 10 legenda tersebut telah memenangkan penghargaan tersebut beberapa kali. Victor Valdés telah memenangkan lima penghargaan saat bersama Barcelona, sementara itu, Santiago Cañizares mendapatkannya empat kali untuk penampilannya bersama Celta Vigo dan Valencia.



Ikon penting lainnya yang pernah mengenakan No.1 selama karirnya di LaLiga adalah Miguel Reina, ayah dari Pepe Reina dan seorang kiper hebat, Thomas N’Kono, yang telah dinominasikan sebagai salah satu dari 10 kiper terbaik sepanjang masa oleh France Football, dan Monchi, yang menghabiskan seluruh karir sebagai pemain di Sevilla sebelum akhirnya menjadi legenda klub sebagai direktur olahraga.
(bbk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More