Resep Tim Suzuki Moncer di MotoGP 2020

Rabu, 11 November 2020 - 23:58 WIB
Ada beberapa aspek teknis GSX-RR yang membantu Joan Mir dan Alex Rins tampil ciamik di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020) / Foto: Drive and Hype
VALENCIA - Tim Suzuki menutup MotoGP Eropa dengan menempatkan dua pembalapnya di podium pertama dan kedua. Tampaknya ada beberapa aspek teknis GSX-RR yang membantu Joan Mir dan Alex Rins tampil ciamik di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020).

Mir sukses memenangkan balapan MotoGP Eropa disusul Rins ditempat kedua. Ini merupakan kali pertama dalam 38 tahun tim Suzuki mencetak posisi satu dan dua pada satu balapan.

Kemenngan ini merupakan hasil gabungan dari banyak hal. Pertama, pembalap yang percaya diri, mekanik profesional, dan tentu saja prototipe GSX-RR yang bekerja dengan sempurna. Tapi bagian penting dari kecepatan Suzuki di Valencia adalah performa GSX-RR dan cara motor ini menggunakan ban Michelin. (Baca juga: Mir, Quartararo atau Rins, Siapa Pun Juaranya Bakal Koleksi Nilai Terendah dalam Sejarah MotoGP )

Prototipe motor GSX-RR terus berkembang setiap tahun, tanpa perubahan drastis. Tim teknis terus bekerja untuk menemukan kombinasi yang sempurna, yang identik dengan kesuksesan. Di MotoGP Eropa misalnya, ada ketegangan dari para tim teknis. Para pembalap hanya memiliki sedikit waktu di trek kering sepanjang akhir pekan, jadi pilihan ban membuat pusing banyak dari mereka.

Tim mekanis tidak yakin apa pilihan terbaik dalam kondisi seperti itu. Orang pasti dapat berpikir bahwa skenario ini menguntungkan Suzuki. Motor mereka sering kali menjadi yang terbaik dalam hal keausan ban dan ini terutama bergantung pada rangka mereka. (Baca juga: Mendebarkan, Akankah Sejarah Pemenang Terbanyak Lewati Rekor MotoGP 2016? )



Rangka Suzuki GSX-RR melakukan pekerjaan luar biasa dalam menjaga umur ban. Ini bukan satu-satunya faktor, karena pengaturan elektronik dan jelas gaya balap Mir dan Rins juga banyak membantu, tetapi sasis tetap menjadi elemen kunci.

Suzuki memiliki sasis yang cukup "lembut", yang menyiratkan bahwa ia relatif fleksibel pada sudut kemiringan yang tinggi. Dalam hal ini, ini bertindak sebagai bagian dari suspensi, menghilangkan beberapa tekanan dari ban dan membantu mengawetkannya. Fleksi bingkai ini juga membantu motor saat menikung memungkinkan ban memiliki cengkeraman yang lebih kuat dan karenanya mempertahankan lintasan yang ideal.

Bingkai sangat tipis pada balok utama, dan dari situlah karakteristik lentur spesifiknya berasal. Namun mencakup area yang luas, main beam relatif besar, terlihat dari GSX-RR dari samping. Ini membantu Suzuki menjaga kekakuan vertikal, yang diperlukan untuk stabilitas yang baik selama pengereman.

Kelebihan lain dari GSX-RR tahun ini adalah mesinnya. Ini sebagian besar sama dengan musim lalu, dengan sedikit tenaga dan torsi yang lebih besar. Di atas segalanya, Mir maupun Rins telah mempertahankan fleksibilitas penggunaan dan respons throttle khusus Suzuki.

Tim Suzuki sepertinya ingin menunjukkan bahwa prototipe kelas MotoGP dengan mesin 4 inline masih belum usang. Meskipuan, setiap struktur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi sekarang Suzuki telah menemukan cara untuk menunjukkan kekuatannya ke level yang tidak bisa ditandingi oleh V4, sambil meminimalkan kelemahan.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More